Solopos Hari Ini: Tol Trans Jawa Jadi Idola Pemudik

Harian Umum Solopos edisi Rabu 13 Juni
13 Juni 2018 11:30 WIB Muhammad Rizal Fikri Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Tol Trans Jawa menjadi pilihan utama pemudik dari Jakarta dan sekitarnya yang menggunakan jalur darat. Kondisi itu menjadikan arus lalu lintas saat mudik di jalur pantai utara Jawa (pantura) turun 20%.

”Frekuensi roda empat gunakan jalan tol, sedangkan roda dua jalur [arteri] nasional. Secara menyeluruh baik roda empat maupun roda dua menurun. Namun, kecepatan itu naik dan kepadatan turun,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat memantau arus mudik di jalur pantura di Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (12/6/2018).

Berita tentang pola mudik lebaran 2018 di Tol Trans Jawa menjadi berita utama Harian Umum Solopos edisi Rabu (13/6/2018).

Selain itu ada berita menarik lainnya seperti di bawah ini:

PERTEMUAN TRUMP-KIM: Banyak Janji Tunggu Bukti

Pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghasilkan banyak janji dan pernyataan indah. Namun kesemuanya membutuhkan bukti realisasi yang lebih kongkret.

Kedua pemimpin negara yang tahun lalu sempat saling ancam menyerang dan berbaku pernyataan sindiran akibat aktivitas Korut yang terus menguji coba peledakan nuklir dan peluru kendali jarak jauh itu pada Selasa, terlihat bertukar senyum, saling berpegangan tangan, dan berulang kali berjabat tangan.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Di Halaman Soloraya ada berita tentang mahalnya harga daging Ayam menjelang Hari Raya Idulfitri 2018. Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polresta Solo menyebarkan tim untuk mencari tahu penyebab mahalnya daging ayam di pasar. Pengusaha ayam potong dan peternakan ayam yang kedapatan mempermainkan harga akan ditindak tegas.

“Kami menerima banyak keluhan dari pedagang dan konsumen terkait mahalnya harga daging ayam di pasar menjelang Lebaran. Setelah menerima keluhan tersebut langsung menindaklanjuti di lapangan,” ujar Ketua Satgas Pangan Polresta Solo AKBP Andy Rifai saat ditemui wartawan di Mapolresta Solo, Selasa (12/6). “Kami mendapatkan laporan harga daging ayam di pasar sekarang menembus Rp40.000 per kg. Harga tersebut jauh dari harga normal yang seharusnya di tidak sampai di atas Rp30.000 per kg,” kata dia.

Berita tentang Satgas Pangan telusuri pemasok daging ayam menjadi berita utama Halaman Soloraya Harian Umum Solopos hari ini. Selain itu ada berita menarik lainnya seperti di bawah ini:

KESELAMATAN LALU LINTAS: 8 Perlintasan KA Sebidang Rawan Kecelakaan

Balai Teknik Perkeretaapin Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah memetakan delapan perlintasan sebidang di Soloraya kini masuk kategori rawan kecelakaan. Kedelapan persimpangan sebidang tersebut berada di tiga daerah yaitu Sragen, Karanganyar, dan Klaten. Kasi Lalu Lintas Sarana dan Keselamatan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah, Arief Harya Santosa, menjelaskan ada beberapa indikator yang membuat perlintasan sebidang dinyatakan rawan kecelakaan.

Pertama, secara geometrik perlintasan sebidang tersebut berada ditikungan atau lengkung antara jalan raya dan jalur kereta api.Selain itu perlintasan sebidang berada diturunan jalan raya.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com/