Asyiknya Mudik Lebaran 2018 di Solo

Kampoeng Kuliner Lebaran 2018 (Istimewa)
13 Juni 2018 15:00 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Musim libur panjang dan mudik Lebaran 2018 telah tiba. Kota Solo menjadi salah satu tujuan para pemudik yang merantau di berbagai wilayah di Indonesia. Dinas Perhubungan memperkirakan sekitar 8,1 juta kendaraan bakal masuk ke Solo.

Solo merupakan kota budaya dengan banyak destinasi wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Ada wisata belanja, sejarah, sampai wahana kekinian yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satu wahana wisata yang tengah populer adalah De Tjolomadoe.

Tokopedia

Wahana wisata De Tjolomadoe yang merupakan bekas Pabrik Gula (PG) Colomadu itu beralamat di Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar. Wahana wisata seluas enam hektare ini terdiri dari beberapa bangunan indah, mulai dari hall, Museum Pabrik Gula Colomadu terbesar di Asia, artist room, merchandise shop, serta kafe dan restoran. Ada pula sunken atau public area yang terletak di halaman utama. Pengunjung bebas berfoto atau sekadar berjalan-jalan karena public area tersebut merupakan destinasi selfie terkini di De Tjolomadoe.

Nah, khusus untuk memeriahkan Lebaran 2018 ini, De Tjolomadoe memiliki acara khusus, yakni Kampoeng Kuliner Lebaran 2018. Acara ini digelar selama sepekan yakni tanggal 12-19 Juni 2018. Ada sekitar 96 stand kuliner yang siap menggoyang lidah pengunjung. Anda juga bisa sekaligus mengikuti kontes foto Instagram yang digelar De Tjolomadoe di acara Kampoeng Kuliner Lebaran 2018.

Acara Kampoeng Kuliner Lebaran 2018 di De Tjolomadoe juga dimeriahkan dengan berbagai agenda seperti pergelaran tari rakyat, festival dolanan anak tradisional, festival musik tradisi dan religi, pesta murah, serta Solo Tjolomadoe Doubledecker Tour.

Selain De Tjolomadoe, ada pula beberapa tempat wisata kekinian lain yang menyediakan wahana permainan menantang adrenalin seperti jet coaster di Transmart Solo Pabelan.Sementara bagi pemudik yang ingin berkeliling Kota Solo bisa menumpang lewat Opentrip Special Lebaran dengan dua kendaraan ikonis, yakni kereta uap Jaladara dan bus tingkat Werkudara. Kedua kendaraan yang melayani rute Stasiun Purwosari sampai Kampung Batik Laweyan ini beroperasi pada tanggal 16-18 Juni 2018.

Biaya untuk berkeliling kota dengan kereta api uap Jaladara spesial Lebaran sebesar Rp190.000 per orang. Sedangkan bus tingkat Werkudara sebesar Rp50.000 per orang. Dengan biaya tersebut, Anda bakal mendapatkan fasilitas berupa pemandu wisata, makanan, sertifikat, dan voucher pembelian souvenir.

Jangan lupa untuk mencicipi kuliner tengkleng dan nasi liwet di Colomadu, Karanganyar. Anda bisa menikmati kuliner lezat di Colomadu dengan mudah karena banyak orang yang menjajakkannya. Bagaimana, menarik bukan menghabiskan libur Lebaran 2018 di Kota Solo? Jangan lupa mengunjungi beberapa destinasi wisata di atas saat berkunjung ke Solo. Selamat berlibur.