Lebaran, Pemkot Solo Gelar Open House Di 2 Lokasi

Ilustrasi lebaran, halabihalal. (Solopos/Dok)
14 Juni 2018 07:00 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menggelar open house perayaan Hari Raya Idulfitri di dua lokasi pada jam berbeda, Jumat (15/6/2018). Dua lokasi open house, yakni di Pendapi Gede Balai Kota dan Rumah Dinas Wakil Wali Kota (Wawali) di Jl. Gajah Mada, Solo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto mengatakan open house terbuka untuk semua warga Solo, termasuk para aparatur sipil negara (ASN). Open house pertama dibuka Pemkot Solo di Pendapi Gede Balai Kota seusai pelaksanaan Salat Id. Salad Id akan dilaksanakan di halaman Balai Kota dengan imam K.H. Maksum Ahmad serta khotib K.H. Prof. Dr. Nashruddin Baidan M.A.

"Salat Id dimulai pukul 06.00 WIB. Seusai salat Id dilanjutkan open house di Pendapi Gede sampai pukul 08.00 WIB,” katanya ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu (13/6/2018).

Open house kemudian dilanjutkan di rumah dinas Wawali mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Open house ini merupakan agenda rutin Lebaran  di Balai Kota Solo. Warga dipersilakan datang dalam kegiatan tersebut.

“Jangan sampai salah datang ke rumah dinas Loji Gandrung, karena tahun kemarin ada yang kecele ke sana,” katanya.

Budi mengatakan open house terbuka untuk umum, mulai dari ASN dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) hingga seluruh lapisan rakyat. Dalam kegiatan open house ini, Budi mengatakan tidak ada kewajiban bagi pejabat atau pun ASN Pemkot untuk menghadirinya.

Pemkot juga tidak akan memberikan sanksi bagi ASN tersebut. Pemkot Solo telah memesan berbagai menu makanan yang akan disajikan dalam acara open house. Daftar menu biasanya adalah menu masakan tradisional Solo dan juga khas Lebaran  seperti lontong opor ayam, soto ayam, bakso, satai ayam, dan lainnya.

Diperkirakan jumlah warga yang menghadiri open house mencapai ribuan orang. “Pokoknya semuanya nanti lengkap, ada yang manis hingga gurih,” katanya.

Agenda lainnya, menurut Budi, Pemkot akan menggelar halalbihalal pada hari pertama masuk kerja seusai cuti bersama Lebaran pada Kamis (21/6/2018). Acara halalbihal tersebut sekaligus dimanfaatkan Pemkot untuk mengecek ASN pada hari pertama masuk kerja.

“Jangan sampai ada yang absen pada hari pertama. Nanti kita siapkan sanksi kalau ada ASN mangkir hari pertama,” katanya.

 

Tokopedia