17 Kontingen Rampak Bedug Beraksi di Masjid Agung Karanganyar

Peserta memukul beduk pada Lomba Rampak Bedug Malam Gema Takbir Idul Fitri 1439 H di halaman Masjid Agung Karanganyar, Kamis (14/6 - 2018). (Solopos / Akhmad Ludiyanto)
14 Juni 2018 16:30 WIB Akhmad Ludiyanto Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sebanyak 17 kontingen peserta Lomba Rampak Bedug Malam Gema Takbir Idul Fitri 1439 H unjuk kebolehan di halaman Masjid Agung Karanganyar, Kamis (14/6/2018).

Para anggota kontingen berusaha menunjukkan kekompakan dalam memainkan 10 alat musik pukul itu yang disediakan panitia. Selain itu, mereka juga harus memadukan harmoni dengan alat musik perkusi lain yang dibawa oleh masing-masing peserta.

Sementara itu, anggota kontingen yang bertugas sebagai vokal melantunkan lafaz takbir yang biasa dikumandangkan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selama maksimal 10 menit, masing-masing kontingen dari 17 kecamatan di Karanganyar ini harus mencuri perhatian para juri yang berada di hadapan mereka.

Sementara itu, acara yang digelar rutin Pemkab Karanganyar ini dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Salah satu panitia acara. Mulyono mengatakan, pada babak penyisihan yang dilakukan siang hari hingga sore hari tersebut, panitia akan menentukan enam nominator. “Kami akan menentukan enam peserta yang akan mengikuti babak final,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di sela-sela kegiatan.

Selanjutnya, dari keenam kontingan ini akan ditentukan pemenagng juara 1,2, dan 3, serta juara harapan 1,2, dan 3. “Babak final akan dilakukan malam harinya sekaligus memeriahkan takbiran malam Hari Raya di tempat yang sama,” imbuhnya.

Sementara itu, masing-masing kontingen menerjunkan jumlah anggota berbeda-beda, tergantung penampilan yang akan mereka sajikan. Ada kontingen yang beranggotakan 18 orang dan ada pula jumlah lainnya.

Salah satu peserta dari Kecamatan Mojogedang menerjunkan 16 anggota yang terbagi dalam tugas sebagai pemuluk beduk, vokalis, dan, pemain perkusi. “Tim kami ada 16 orang yang punya peran masing-masing,” ujar salah satu anggota official kontingen, Humaria, 21.