Sembako Jokowi Jadi Rebutan di Sangkrah Solo

Ratusan warga Sangkrah, Pasar Kliwon mengantre paket sambako dari Presiden Jokowi di halaman Stasiun Solo Kota, Sangkrah, Minggu (17/6 - 2018). (Solopos/Muhammad Ismail)
17 Juni 2018 15:40 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Ratusan warga Kampung Sangkrah, Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, berebut paket sembako dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di halaman Stasiun Solo Kota, Sangkrah, Minggu (17/6/2018).

Pantauan Solopos.com, ratusan warga mulai berdatangan di Stasiun Solo Kota, Sangkrah, pukul 09.00 WIB setelah menerima informasi akan ada pembagian sembako dari Presiden Jokowi. Truk berpelat nomor AD 1462 SD yang memuat ratusan paket sembako sudah diparkir di halaman Stasiun Solo Kota sejak pukul 07.30 WIB.

Petugas terpaksa menggunakan pengeras suara untuk memberi tahu warga agar segera keluar dari halaman Stasiun Solo Kota, Sangkrah, karena pembagian sembako belum dimulai. Sementara di luar halaman Stasiun Solo Kota, Sangkrah, warga sempat berdesak-desakan berebut kupon yang dibagikan petugas. Namun karena kupon yang dibagikan sedikit warga harus berdesak-desakan agar kebagian.

Sembako dari Jokowi mulai dibagikan warga pukul 13.00 WIB tanpa dihadiri Presiden Jokowi dengan pengawalan ketat petugas Satpol PP dan Linmas Pemkot Solo. Jumlah paket sembako yang dibagikan kepada warga ada 1.000 paket. Sembako tersebut dibagi di dua lokasi yakni Pasar Tanggul Sari, Gandekan, Jebres, dan Stasiun Solo Kota, Sangkrah, masing-masing tempat 500 paket.

Salah seorang warga Sangkrah, Sugiyem, 61, mengaku kecewa karena tidak mendapatkan kupon untuk mengambil paket sembako. Ia harus pulang dengan tangan kosong karena kupon yang dibagikan hanya 200 lembar. Sementara 300 kupon telah dibagikan warga melalui ketua RT di sekitar stasiun pada Sabtu (16/6/2018).

"Saya kecewa tidak dapat sembako. Banyak warga yang usianya lebih muda sehingga saya kalah beradu fisik dan memilih mundur daripada terinjak-injak," ujar Sugiyem.

Warga lainnya, Parmin, bisa mendapatkan paket sembako  dari Presiden Jokowi berisi gula satu kg, beras lima kg, teh celup, dan minyak goreng satu liter. Paket sembako itu rencananya untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

“Sebenarnya saya ingin sembako ini diberikan langsung oleh Pak Jokowi. Tahun lalu Presiden Jokowi juga bagi-bagi sembako di Sangkrah. Tahun lalu saya tidak dapat sembako karena sembako yang dibagikan terbatas sementara warga yang minta banyak,” kata dia.