Rangkaian Acara Ini Semarakkan Libur Lebaran di Klaten

Objek Wisata Mata Air Cokro (OMAC) Klaten. (Solopos/Dok)
17 Juni 2018 09:30 WIB Ponco Suseno Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyiapkan rangkaian acara wisata guna menyelamarakkan libur Lebaran 2018. Sesuai rencana, Pemkab Klaten akan memfokuskan kegiatan di Bukit Sidoguro dan Rawa Jombor.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Pantoro, kepada Solopos.com, Sabtu (16/6/2018), mengungkapkan sejumlah objek wisata diprediksi diserbu wisatawan saat liburan Lebaran, seperti Objek Mata Air Cokro (OMAC), Bukit Sidoguro, dan Rawa Jombor Klaten.

“Kami sudah memiliki tradisi guna menyambut Lebaran, yakni membuat gunungan ketupat di Bukit Sidoguro. Nantinya ada 20 gunungan ketupat yang siap dibagikan ke masyarakat,” kata Pantoro.

Pantoro mengatakan rangkaian kegiatan guna menyemarakkan libur Lebaran dimulai dengan festival getek di Rawa Jombor, Selasa (19/6/2018). Setelah itu dilanjutkan berbagai acara hiburan di Bukit Sidoguro pada Kamis-Jumat (21-22/6/2018).

“Gunungan ketupat di acara Grebeg Syawalan itu akan dilangsungkan di acara puncak [Juma, (22/6/2018],” katanya.

Selain Bukit Sidoguro dan Rawa Jombor, Pemkab Klaten juga menyiapkan acara hiburan di kompleks OMAC di Cokro, Tulung, selama libur Lebaran pada Minggu-Minggu (17-24/6/2018). Setiap pengunjung objek wisata ini dikenai biaya tiket masuk Rp20.000.

“Libur Lebaran ini menjadi momentum untuk mempromosikan berbagai keunggulan pariwisata di Klaten. Semoga pariwisata di Klaten semakin dikenal oleh khalayak ramai,” kata Pantoro.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Pemkab Klaten juga mengadakan kegiatan bertajuk Festival Kuliner Tradisional Klaten di Alun-alun Klaten, Minggu (17/6/2018). Bupati Klaten, Sri Mulyani, dijadwalkan menghadiri acara untuk memanjakan pencinta kuliner di Klaten itu. Berbagai menu kuliner yang disiapkan di antaranya lemper, nasi tumpang, aneka jajanan pasar, dan lainnya.