Rumah Warga Winong Karanganyar Terbakar Saat Ditinggal Jualan

ilustrasi kebakaran. (Solopos/Whisnu Paksa)
20 Juni 2018 17:15 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Rumah warga Perumahan Winong 3 Jl. Zebra No. 64 RT 007/RW 027, Ngringo, Jaten, Karanganyar, Mustajid, 61, terbakar pada Rabu (20/6/2018) pukul 14.30 WIB.

Saat kejadian, rumah yang juga ditinggali Aris Fajar Hidayat itu dalam keadaan kosong. Penghuni rumah sedang berjualan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran bermula dari salah satu kamar di rumah itu. Kondisi kamar dan isinya hangus terbakar.

Kapolsek Jaten, AKP Mardiyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, menyampaikan sumber api diduga dari salah satu kamar. "Saya sudah ke TKP [tempat kejadian perkara]. Melihat meteran jeglek berarti ada yang korslet. Di kamar yang terbakar itu ada dua perangkat elektronik, kipas angin, dan charger. Dugaan sementara itu penyebab kebakaran karena korsleting," kata Mardiyanto saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Pemilik rumah diduga meninggalkan dua perangkat elektronik itu dalam kondisi masih teraliri listrik atau kabel menancap pada colokan. "Mungkin saat ditinggal masih kondisi tercolok. Korsleting bisa memicu kebakaran," ujar dia.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, tetapi kerugian material ada karena salah satu kamar dan barang di dalamnya terbakar. Tiga unit mobil pemadam kebakaran, masing-masing dua unit dari Karanganyar dan satu unit dari Solo menuju lokasi kejadian. Sejumlah sukarelawan juga datang ke lokasi untuk membantu memadamkan api.

Kondisi permukiman padat membuat seluruh petugas waspada agar api tidak merembet ke bangunan rumah lain. "Tetangga sebelah rumah yang tahu kali pertama. Begitu petugas pemadam kebakaran datang langsung dipadamkan. Dalam waktu 25 menit sudah padam. Bangunan rumah itu mepet satu sama lain. Beruntung cepat ditangani sehingga tidak merembet ke bangunan lain."