Kebakaran Karanganyar: Pondok Alang-Alang Terbakar

Kebakaran Pondok Alang/Alang di Mojogedang, Karanganyar (Istimewa)
25 Juni 2018 22:26 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sejumlah bangunan di kompleks Pondok Alang-Alang di Dusun Bedoyo, RT 002/RW 008, Desa Pereng, Mojogedang pada Senin (25/6/2018) pukul 18.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Pondok itu milik Samsuri Arifin, 55. Pondok itu tidak digunakan untuk pendidikan formal bagi santri. Pondok itu digunakan untuk pengobatan tradisional. Pondok disediakan bagi pasien yang datang dan ingin berobat. Pengobatan berbagai jenis penyakit ditangani langsung oleh Samsuri.

Informasi yang dihimpun Espos dari berbagai sumber, kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik. Api muncul dari bagian atas salah satu pendapa di pondok. Atap pendapa terbuat dari alang-alang menyebabkan api cepat membakar bangunan tersebut.

Kapolsek Mojogedang, AKP Iswandi, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, menuturkan kebakaran bermula saat Samsuri naik tangga pendapa untuk menyalakan lampu. Dia memencet saklar. Saat itulah dia melihat api membakar atap rumah dari anyaman alang-alang. Korban turun dan membunyikan kentongan tanda kebakaran.

"Warga berdatangan dan membantu memadamkan api secara manual menggunakan ember isi air. Jadi itu bukan pondok pesantren tapi pondok pengobatan. Namanya alang-alang karena atap bangunan menggunakan alang-alang. Otomatis atap habis terbakar," kata Kapolsek saat dihubungi Solopos.com, Senin malam.

Informasi yang beredar sejumlah bangunan yang terbakar adalah bangunan pendapa utama, empok atau lesehan, dan lain-lain. Polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa kayu bekas usuk bangunan yang terbakar. Mereka juga memasang garis polisi pada lokasi yang terbakar.

"Kami taksir nilai kerugian Rp50 juta-Rp60 juta. Beberapa saat setelah kejadian, hujan lebat turun sehingga membantu memadamkan api," tutur dia.