Pabrik Printing Dekat Alkid Keraton Solo Terbakar

Pabrik printing di dekat Alkid Keraton Solo terbakar, Rabu (27/6 - 2018). (Solopos/Nicolaus Irawan)
27 Juni 2018 15:48 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pabrik printing di Kampung Gurawan RT 003/RW 007, Kelurahan Pasar Kliwon, Pasar Kliwon, tak jauh dari Alun-Alun Kidul (Alkid) Keraton Solo, terbakar pada Rabu (27/6/2018) siang. Akibat kejadian tersebut pabrik printing bagian produksi dan gudang kain itu habis dilalap api. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Pantauan Solopos.com, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo harus bekerja keras memadamkan api dibantu anggota Polresta Surakarta, Linmas, Danramil, sukarelawan dan warga. Besarnya api serta kondisi lokasi kejadian yang berada di pemukiman padat penduduk menyulitkan petugas memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 14.20 WIB.

Seorang warga, Hardian, mengungkapkan api muncul kali pertama di bagian tengah pabrik yang biasanya dijadikan tempat produksi pukul 13.30 WIB. Kemudian api merembet ke bagian gudang penyimpanan barang.

"Saya mengetahui kejadian itu langsung menghubungi petugas damkar. Saat akan memadamkan api gerbang pabrik tertutup sehingga harus didobrak paksa. Sebanyak 13 unit mobil damkar tiba di lokasi untuk memadamkan api. Ada tiga titik api di lokasi kejadian sehingga menyulitkan petugas memadamkam api," ujar Hardian warga Gajahan, Pasar Kliwon.

Ia menjelaskan lokasi kejadian merupakan bangunan lama yang penuh kayu sehingga mudah terbakar. Atap pabrik tengah bagian produksi bahkan sampai roboh setelah dilalap api.

Pemilik pabrik, Ali Zen, mengaku kaget saat diberi tahu warga pabrik printing miliknya di Gurawan terbakar. Kerugian akibat kebakaran itu mencapai ratusan juta rupiah. Ratusan lembar kain dan ruang produksi terbakar semua. Hanya ada lima gulungan kain mori yang berhasil diselamatkan di gudang.

"Saat kejadian tidak ada aktivitas produksi karena karyawan hari ini libur pencoblosan Pilgub Jateng. Saya menduga kebakaran akibat korsleting dari ruang produksi," ujar Ali.

Lurah Pasar Kliwon, Rohwarsito, mengungkakan pabrik printing ini baru dua bulan berproduksi. Ali menyewa gudang itu untuk usaha produksi kain printing.

"Saya mengetahui lokasi api saat sedang memantau TPS [Tempat Pemungutan Suara] 7 yang loksinya tepat di belakang pabrik. Api mengancam lokasi TPS sehingga harus segera di padamkan," kata dia.

Plh. Kasatreskrim Polresta Surakarta, AKP Sutoyo, mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo membenarkan kejadian kebakaran di pabrik printing Gurawan. Penyebab kebakaran masih diselidiki. Dugaan sementara akibat korsleting.