Kalah di Quick Count Pilkada Karanganyar, Rohadi-Ida Masih Optimistis

Pasangan calon, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih, menyalami para pendukungnya di kantor DPD PKS Karanganyar, Rabu (27/6 - 20128). (Solopos/Ponco Suseno)
27 Juni 2018 18:55 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pasangan calon nomor urut 1 di Pilkada Karanganyar 2018, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih, mengakui tertinggal sementara dari pasangan nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count setelah pencoblosan, Rabu (27/6/2018).

Namun demikian, Rohadi-Ida masih optimistis mengejar ketertinggalan itu dan mengajak pendukungnya agar tetap menjaga iklim kondusivitas di Karanganyar. Berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan saksi dan sukarelawan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih hingga Rabu (27/6/2018) petang menyebutkan pasangan calon nomor urut 1 itu mengumpulkan suara hingga 44,7 persen.

Sedangkan pesaing mereka, pasangan calon Juliyatmono-Rober Christanto memperoleh suara 55,3 persen suara. Jumlah data yang masuk ke saksi dan sukarelawan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih mencapai 65 persen. Sesuai data di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, daftar pemilih tetap (DPT) di Karanganyar  ada 681.477 pemilih.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pendukung dan sukarelawan. Kerja bapak-ibu semuanya sangat luar biasa sehingga mampu mencapai 44 persen. Kami mohon maaf jika di perjalanan [Pilkada] ada hal yang kurang berkenan. Perjuangan ini akan terus berjalan. Terus kawal sampai 100 persen,” kata Rohadi Widodo di hadapan pendukungnya di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Karanganyar, Rabu petang.

Rohadi Widodo optimistis bisa mengejar ketertinggalan dari pasangan calon nomor urut 2. Sesuai data yang dipegang Rohadi Widodo, dirinya unggul jauh di sejumlah kecamatan, seperti Tawangmangu, Karangpandan, Ngargoyoso, Kerjo, Karanganyar, dan Gondangrejo.

“Kepada para pendukung semuanya harus tetap santun, harus baik, dan jaga kondusivitas,” katanya.

Hal senada dijelaskan Ketua Tim Pemenangan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih, Darwanto. Tim pemenangan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih masih optimistis pasangan calon nomor urut 1 dapat meraih kemenangan saat penghitungan oleh saksi dan sukarelawan sudah memasuki tahap akhir atau 100 persen.

“Kami terus meng-update data dari sukarelawan. Kami akan kawal terus hingga di KPU Karanganyar. Kami meminta [ke pendukung] agar tetap menjaga suasana kondusivitas juga etika. Kami dari tim pemenangan juga mohon maaf ke Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih,” katanya.

Darwanto mengatakan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih selalu siap menang dan siap kalah di Pilkada 2018. Meski begitu, tim pemenangan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih bakal mengambil langkah tegas sewaktu melihat kecurangan.

“Jika memang ada kecurangan, kami akan menggunakan hak kami untuk menindaklanjutinya,” katanya.



Tokopedia