7 Rumah Warga Dekat Pabrik Printing Gurawan Solo Terbakar

Pabrik printing di dekat Alkid Keraton Solo terbakar, Rabu (27/6 - 2018). (Solopos/Nicolaus Irawan)
28 Juni 2018 17:15 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mengungkapkan ada tujuh rumah warga yang ikut terbakar dalam kebakaran yang menghanguskan pabrik printing di Kampung Gurawan, Kelurahan Pasar Kliwon, tak jauh dari Alun-Alun Kidul (Alkid) Keraton Solo, Rabu (27/6/2018).

Sementara itu, setelah terjadi kebakaran warga begotong royong membersihkan lokasi kejadian. “Kami awalnya tidak mengira ada rumah warga yang ikut terbakar. Baru pada Rabu malam saya menerima laporan dari RT dan RW setempat ada tujuh rumah warga yang ikut terbakar,” ujar Lurah Pasar Kliwon Roh Warsito saat ditemui Solopos.com di lokasi kejadian, Kamis (28/6/2018).

Warsito mengungkapkan tujuh rumah warga yang terbakar tersebut diketahui milik Mulyadi, Samsudin, Joko Raharjo, Paino, Heru, Sarmanto, dan Sutrisno. Dari tujuh rumah yang terbakar tersebut satu rumah mengalami rusak parah pada bagian atap yakni rumah milik Mulyadi.

“Kami menerima informasi itu langsung melakukan pendataan di lapangan. Rumah milik Mulyadi diketahui 80% terbakar,” kata dia.

Pemerintah kelurahan, lanjut dia, sudah melaporkan kerusakan rumah warga itu ke Dinas Damkar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo. Petugas BPBD dan Damkar juga sudah menginventarisasi kerusakan di lapangan untuk dilaporkan langsung kepada Wali Kota Solo.

“Kami mengupayakan agar tujuh warga yang rumahnya terbakar ini bisa menerima bantuan dari dana tidak terduga untuk memperbaiki rumah yang terbakar. Kasus ini masuk kategori bencana sehingga warga layak menerima bantuan dari Pemkot Solo,” kata dia.

Ia menjelaskan warga yang rumahnya terbakar masih bertahan di rumah mereka dalam kondisi seadanya. Warga ada yang melakukan swadaya membantu memperbaiki rumah warga yang terbakar.

Seorang pemilik rumah terdampak, Mulyadi, berharap pemerintah segera memberikan bantuan agar rumah yang terbakar ini bisa segera diperbaiki. Ia mengaku saat kebakaran sedang berada di dalam rumah. Kemudian buru-buru keluar dari rumah setelah diberi tahu tetangga ada kebakaran di pabrik belakang rumah.

“Saya tidak mengira api membesar melalap rumah saya. Sementara ini rumah masih bisa ditempati dengan kondisi masih berantakan,” kata dia.

Tokopedia