Server KPU Down Hambat Entry Data Hasil Pilkada Karanganyar

Sejumlah petugas entry data berpacu dengan waktu pascapencoblosan di Pilkada Karanganyar, Rabu (27/6 - 2018) malam. (Solopos/Ponco Suseno)
28 Juni 2018 18:15 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Server Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat sempat down selama berjam-jam sejak pukul 15.00 WIB hingga malam, Rabu (27/6/2018). Hal itu membuat proses penghitungan perolehan suara pasangan calon peserta Pilkada Karanganyar 2018  terhambat.

Hasil penghitungan sementara perolehan suara riil kedua pasangan calon baru bisa diketahui Kamis (28/6/2018) pagi. Berdasarkan data tersebut, pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto, dinyatakan unggul atas pesaing mereka pasangan nomor urut 1, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com di https://Infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/hasil/cepat/t2/jawa_tengah/karanganyar hingga pukul 12.08 WIB, Kamis, Juliyatmono-Rober Christanto (Yuli-Rober) sudah mengunci kemenangan dengan meraih 295.887 suara atau 56,23 persen. Sementara Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih (Rohadi-Ida) memperoleh 230.295 atau 43,77 persen suara.

“Data di info pemilu KPU itu masih sebatas informasi tentang gambaran hasil di pilkada. Yang perlu diingat, kami [KPU Karanganyar] belum merekapitulasi hasil pilkada. Saat ini masih berlangsung rekapitulasi di tingkat kecamatan [hingga 4 Juli 2018]. Rekapitulasi di KPU Karanganyar baru dimulai 4 Juli 2018-6 Juli 2018. Intinya, data di info pemilu itu memang disajikan KPU pusat. Data awal dari kami. Nanti, kami tetap menggelar pleno terlebih dahulu sebelum menetapkan pasangan calon terpilih,” kata Komisioner Divisi Teknis KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, saat ditemui wartawan di Kantor KPU setempat, Kamis.

Muhammad Maksum mengakui sempat terkendala teknis saat memindai (scan) form C1 sekaligus entry data hasil suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) selama berjam-jam pascapencoblosan rampung, Rabu. Hal itu mengakibatkan lambannya entry data dari KPU Karanganyar ke sistem di KPU pusat.

“Kami sebenarnya sudah siap meng-upload atau entry data di setiap TPS itu pascapencoblosan. Tapi, kondisinya sangat crowded mulai pukul 15.00 WIB. Puncak crowded sekitar pukul 17.00 WIB. Alhasil, kami baru dapat upload data hingga malam hari. Saat ini warga sudah dapat melihat info hasil cepat dari KPU,” katanya.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan pelaksanaan Pilkada 2018 di Bumi Intanpari lancar dan tertib. Sepanjang pencoblosan, Handoko juga mengecek sejumlah TPS bersama desk Pilkada Karanganyar yang diketuai Samsi.

“Selama pencoblosan tak ada laporan berarti terkait kendala pelaksanaan pilkada. Semua berjalan lancar,” katanya.