Golden Gate Boyolali bakal Dilengkapi Lighting dan Jogging Track

Pekerja membersihkan lokasi pembangunan jembatan baru di Taman Kridanggo, Boyolali, Kamis (28/6 - 2018). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)
30 Juni 2018 01:00 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI — Jembatan Lembu Sekethi dan Lembu Sekilan di Boyolali Kota akan dilengkapi lighting atau tata lampu untuk menonjolkan keindahan keduanya. Bupati Boyolali Seno Samodro mengatakan, dua jembatan yang berada di kawasan Taman Kridanggo dan Susiloharjo itu nantinya bukan hanya dilengkapi penerangan.

“Jembatan kan harus ada penerangan, tapi nanti tidak hanya itu. Akan kami tambahi lighting [tata lampu] agar tampak lebih indah,” ujar Seno saat ditemui wartawan di Rumah Dinas Bupati, Jumat (29/6/2018).

Namun dia belum menerangkan secara rinci mengenai daya yang dibutuhkan untuk lighting itu beserta penataannya. “[Lighting] Itu termasuk aksesori jembatan yang sampai saat ini masih dipertimbangkan oleh konsultan,” imbuhnya.

Lebih jauh, dia mengatakan, di masa depan jembatan yang desainnya disebut mirip Golden Gate di Amerika tersebut bukan hanya sebagai tempat penyeberangan. Menurutnya kawasan di sekitarnya akan dijadikan tempat berkumpul warga dan akan dilengkapi sarana olahraga.

“Sungai juga akan dibendung di setiap jarak tertentu agar airnya bisa tertanpung. Nanti bisa dipakai untuk olahraga kano atau semacamnya. Sedangkan di salah satu sisi sungai kami dibuat jogging track. Tapi itu nanti setelah jembatan ini jadi,” imbuh Seno.

Sementara itu, berdasarkan pantauan solopos.com, lokasi jalan di kawasan Taman Kridanggo yang menghubungkan kedua jembatan tersebut sudah mulai dibuat. Lahan yang dilewati jalan sudah diratakan.

Sementara itu, lereng di lokasi pembangunan jembatan di Kridanggo yang sebelumnya penuh semak sudah dibersihkan. Salah satu pekerja, Pala Fahri, 17 mengatakan, di awal proyek ini dia ditugaskan untuk membabat semak dan membakarnya.

“Saya disuruh membersihkan semak-semak untuk persiapan pembangunan jembatan,” ujar warga Kemusu Boyolali bersama satu temannya, Rizki Wahyu, 17 di lokasi.

Untuk diketahui, jembatan Kridanggo akan dibangun dengan anggaran Rp9 miliar, sementara jembatan Susiloharjo senilai Rp5,5 miliar. Dua jembatan itu akan dihubungkan dengan jalan Kridanggo-Susiloharjo yang nilai proyeknya mencapai Rp10,6 miliar. Dua jembatan yang berada di Kali Gedhe ini masing-masing memiliki panjang 80 meter dan lebar 9 meter.

Tokopedia