Amikom Surakarta Kini Jadi STMIK CDS

Penyerahan SK Perubahan Bentuk AMIK Cipta Darma Surakarta menjadi STMIK Cipta Darma Surakarta oleh Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. DYP Sugiharto kepada Ketua Yayasan Budi Utomo Kartasura Ir. Rum M. Andri KR, M.Kom. (Istimewa)
02 Juli 2018 17:05 WIB Rohmah Ermawati Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Cipta Darma Surakarta atau Amikom Surakarta naik level menjadi STMIK Cipta Darma Surakarta (STMIK CDS) berdasarkan SK Menristekdikti No. 476/KPT/I/2018.

Status baru menjadikan perguruan tinggi komputer di Kota Bengawan itu semakin solid dan tangguh dalam menghadapi persaingan pada dunia pendidikan.

Kini STMIK CDS secara resmi membuka Program Studi S-1 Informatika. Di mana Prodi baru tersebut dibagi dalam tiga konsentrasi keilmuan yakni bidang pemograman, bidang multimedia serta bidang jaringan.

Dengan demikian saat ini STMIK CDS sendiri memiliki tiga prodi yaitu S-1 Informatika, D-3 Manajemen Informatika dan D-3 Komputerisasi Akuntansi yang masing-masing sudah mendapatkan status Akreditasi dari BAN-PT.

"Dengan perubahan status dari AMIK menjadi STMIK, diharapkan STMIK CDS mampu menjawab setiap tantangan dalam dunia pendidikan yang lebih kompetitif sehingga akan banyak menghasilkan lulusan-lulusan yang berdedikasi tinggi yang mampu bersaing dalam dunia kerja serta menjadi wirausahawan muda di bidang teknologi informasi," ungkap Wakil Direktur I STMIK CDS, Widiyanto Hadi, dalam siaran pers yang diterima solopos.com, Senin (2/7/2018).

Dia menambahkan pembenahan sumber daya manusia yang mengelola perguruan tinggi akan terus dilakukan guna mendapatkan suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan kondusif. Hal itu demi menghantarkan lulusan yang berkualitas yang pada akhirnya akan mudah dalam meraih setiap kesempatan kerja dan menciptakan peluang kerja di bidang teknologi informasi.

Menurut Widiyanto, kampus STMIK CDS berdiri di lahan milik sendiri yang difasilitasi sarana dan prasarana seperti halaman parkir, kamera CCTV, serta free Wifi.

Selain itu ruang kelas STMIK CDS dilengkapi dengan AC dan LCD Proyektor serta ruang perpustakaan. Kampus STMIK CDS juga dilengkapi dengan laboratorium komputer, jaringan dan multimedia yang representatif sehingga mahasiswa mampu belajar lebih fokus dalam penguasaan setiap materi pembelajaran.

Kampus yang terletak di Jl. Veteran, Notosuman, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, bisa diakses dengan mudah dari segala penjuru wilayah Kota Solo dan sekitarnya.

"Sejauh ini lulusan STMIK CDS telah bekerja di banyak instansi dan perusahaan, yakni instansi pemerintah, BUMN, perusahaan daerah, perusahaan swasta nasional, perbankan, dan lainnya. Ikatan alumni mahasiswa yang terbentuk juga berperan dalam memberikan setiap informasi lowongan kerja yang tersedia," ungkap dia.

Lebih lanjut dia menerangkan STMIK CDS diselenggarakan oleh Yayasan Budi Utomo Kartasura yang diketuai oleh Rum M. Andri Kristianto Rasyid. Sedangkan dalam operasionalnya STMIK CDS dipimpin oleh Moch. Hari Purwidiantoro selaku ketua. Sedangkan Dewan Pembina dipimpin langsung oleh Prof. Dr. M. Suyanto yang saat ini juga bertindak selaku Rektor Universitas Amikom Yogyakarta sehingga STMIK CDS satu manajemen dengan Universitas Amikom Yogyakarta. 

Tokopedia