Toko Besi Kondang Murah Jl Rajiman Solo Terbakar, Habis Dilalap Api

Warga berkerumun di dekat bangunan toko besi dan cat Kondang Murah, Jl Rajiman, Jayengan, Solo, Senin (2/7 - 2018) malam. (Solopos / Mahardini Nur Afifah)
02 Juli 2018 20:45 WIB Adib Muttaqin Asfar Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Kebakaran menghanguskan bangunan toko besi dan cat Kondang Murah, Jl Dr Rajiman, Jayengan, Solo, Senin (2/7/2018) malam. Api membakar hampir seluruh bangunan yang berdekatan dengan rumah pemilik toko tersebut.

Informasi yang dihimpun awak Solopos FM, Yanto Martono, menyebutkan kebakaran mulai tercium sejak pukul 18.30. Saat itu, warga yang duduk-duduk di seberang jalan depan toko tersebut melihat asap keluar dari bangunan. Namun, belum ada api yang terlihat, hanya bau thinner yang terbakar.

Meski demikian, warga setempat berinisiatif menelepon petugas pemadam kebakaran (damkar). Tak lama kemudian, api sudah membubung tinggi melalap isi bangunan tersebut. Kepanikan melanda karena belakangan warga menyadari bahwa pemilik toko berada di dalam rumah yang berada tepat di samping toko.

Diduga, keluarga penghuni rumah tersebut sedang tidur sehingga tak menyadari adanya kebakaran toko. Para tetangga pun berupaya menggedor-gedor pintu rumah hingga penghuni rumah terbangun.

Api kian membesar karena isi toko yang dipenuhi material yang mudah terbakar. Sebanyak 7 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang baru jinak pada pukul 19.30 WIB.

"Kondisi bangunan toko habis. Namun bangunan rumah dua lantai [rumah pemilik toko] selamat dari api," kata Yanto dalam laporannya.

Kebakaran itu menimbulkan kepanikan warga yang tinggal di sekitar toko. Pemilik warung ayam bakar yang berada di samping bangunan yang terbakar langsung menyelamatkan warungnya dengan membongkar sebagian peralatannya.

Belum ada laporan resmi tentang penyebab kebakaran ini. Namun, warga menduga api disebabkan korsleting. Karena itu, hingga berita ini ditulis, petugas PLN berupaya membetulkan jaringan kabel listrik sekitar lokasi kebakaran.