Jelang Iduladha, Lazismu Sragen Luncurkan Rendangmu dan Kornetmu

Tim MDMC menyerahkan bantuan Rendangmu dan Kornetmu kepada para korban bencana alam di Banyuwangi beberapa waktu lalu. (Istimewa/Lazismu Sragen)
03 Juli 2018 10:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen meluncurkan program inovasi pengelolaan hewan kurban pada 2018. Lazismu Daerah Sragen membuka pelayanan hewan kurban dengan pengemasan dalam bentuk daging olahan kalengan Rendangmu dan daging mentah kalengan Kornetmu.

Pengolahan daging kurban tersebut dikoordinasikan dengan Lazismu Wilayah Jawa Tengah (Jateng). Ketua Badan Pengurus Lazismu Daerah Sragen, Ikhwanushoffa, saat ditemui Solopos.com, Jumat (29/6/2018), menyampaikan selama ini pelayanan hewan kurban di Lazismu Sragen masih bersifat konvensional, yakni dengan membagikan hewan atau daging kurban kepada warga yang berhak menerima.

Hewan atau daging kurban habis pada momentum Iduladha. “Mulai tahun ini, kami membuka pelayanan yang tidak konvensional tetapi pelayanan hewan kurban yang kemudian diolah dalam bentuk daging olahan kalengan atau daging kalengan, yakni Rendangmu dan Kornetmu, agar tahan lama agar mendatangkan manfaat lebih. Untuk pelayanan konvensional tetap dibuka tetapi dialihkan ke Kantor Layanan Lazismu di tingkat kecamatan,” ujar Ikhwan.

Ikhwan menjelaskan dengan daging kemasan tersebut daging kurban bisa digunakan untuk membantu warga korban bencana alam, seperti di Banjarnegara yang ditimpa gempa belum lama ini. Daging kurban dalam bentuk kemasan tersebut dipastikan habis dalam satu tahun. Bantuan Rendangmu dan Kornetmu kepada warga korban bencana itu, kata dia, biasanya diberikan dengan cara membuka dapur umum.

“Selama ini kami sudah mencobanya dan manfaatnya lebih besar,” tuturnya.

Dia menjelaskan pengelolaan hewan kurban tersebut tetap memperhatikan asas syariah. Semua hewan kurban dari shohibul qurban akan dikonversi dalam kurban sapi. Shohibul qurban akan mendapat haknya dan diberikan bukan dalam bentuk daging tetapi dalam bentuk daging olahan Rendangmu dan Kornetmu.

Ikhwan memprediksikan satu ekor sapi itu bisa menghasilkan 300-350 buah Rendangmu/Kornetmu dengan berat isi 200 gram per kaling. Dia menjelaskan bagi warga yang kurban kambing juga akan dikonversi menjadi kurban sapi. “Dengan program ini, kami memang tidak bisa memberikan bukti foto dokumentasi saat penyembelihan hewan kurban tetapi kami memberikan bukti berupa sertifikat hewan kurban atas nama pengurban,” ujarnya.

Lewat Program Rendangmu/Kornetmu, Ikhwan menawarkan program hewan kurban sapi senilai Rp17,5 juta per ekor yang nantinya bisa menghasilkan 300 kaleng dan sapi senilai Rp21 juta per ekor yang nantinya menghasilkan 350 kaleng. Dia menjelaskan pada realisasi hewan kurban pada 2017 Lazismu bisa menyalurkan hewan/daging kurban senilai Rp4 miliar di 20 kecamatan dan khusus untuk Lazismu Daerah Sragen bisa menyalurkan Rp400 juta.

“Pada tahun ini, kami menargetkan bisa menyalurkan daging/hewan kurban senilai Rp1 miliar,” tuturnya.



Tokopedia