Rumah dari Kayu Jati di Karanggede Boyolali Ludes Terbakar

Sisa-sisa kebakaran rumah warga Karanggede, Boyolali, Selasa (3/7 - 2018). (Istimewa/Polsek Karanggede)
03 Juli 2018 18:15 WIB Aries Susanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Kebakaran menghanguskan rumah warga Desa Pengkol, Karanggede, Boyolali, Selasa (3/7/2018). Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian material diperkirakan sekitar Rp100 juta.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa, musibah kebakaran  tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Kebakaran itu kali pertama diketahui Muhammad Fahri Ilham, 11, bocah yang merupakan cucu korban, Parmin, 72, warga Dukuh Pengkol RT 003/RW 004 Desa Pengkol, Karanggede.

Saat itu, bocah kelas V SD tersebut melihat kepulan asap di salah satu kamar rumah kakeknya. Fahmi yang ketakutan lalu berlari menemui kakek dan neneknya yang tengah mengupas kacang di dalam dapur.

Parmin dan istrinya segera berlari menuju kamar yang berasap dan langsung memutus sambungan listrik. Namun, api rupanya sudah membesar dan tak bisa dikendalikan. Parmin berlarian meminta bantuan warga sekitarnya untuk memadamkan api.

Lantaran api telah menjalar hebat dan melalap rumah dari kayu itu, upaya pemadaman yang dilakukan warga tak membuahkan hasil. Warga lainnya langsung menghubungi Polsek Karanggede dan pemadam kebakaran dari Kecamatan Klego.

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga, aparat kepolisian, dan TNI berhasil memadamkan api setelah seluruh rumah ludes. "Kalau enggak ada petugas pemadam kebakaran, api mungkin sudah melumat rumah-rumah di sekitarnya," ujar Kapolsek Karangede, AKP Agung Raharjo, kepada Solopos.com.

Kerugian material antara lain rumah limasan ukuran 9 meter kali 12 meter yang bahan-bahan kayunya semuanya terbuat dari papan kayu jati. Selain itu, dapur berukuran 7 meter x 12 meter juga ikut ludes terbakar. "Termasuk perabotan di dalam rumah juga ikut terbakar, seperti almari, meja kursi, handphone, uang tunai Rp2 juta, dan hasil pertanian," jelas Agung.

Agung belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun, dugaan kuat karena hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Percikan api dari listrik inilah yang diduga menjadi penyebab kebakaran.

"Kami mengimbau warga agar berhati-hati dan selalu mewaspadai bencana kebakaran. Cek kembali instalasi listrik, pastikan tak ada kabel yang terkelupas karena ini sangat berbahaya," jelasnya.



Tokopedia