Diperbaiki, Jl. Monginsidi Solo Berlaku Searah

Perbaikan Jl. Monginsidi, Solo, Rabu (4/7 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
04 Juli 2018 19:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Solo mengubah manajemen lalu lintas di Jl. Monginsidi, Margoyudan, Banjarsari, ruas perempatan Patung Mayor Achmadi sampai simpang lima Balapan jadi searah dari barat ke timur.

Rekayasa lalu lintas itu untuk mendukung pengerjaan proyek  perbaikan jalan tersebut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Solo. Perbaikan jalan kali ini dilakukan di lajur selatan lebih dahulu.

Sebagai konsekuensinya, kendaraan dari timur (arah perempatan Panggung) harus belok di pertigaan Abdul Muis untuk menuju ke barat (arah Stasiun Balapan). Kendaraan di Jl. Abdul Muis kemudian diarahkan masuk ke Jl. Abdul Rahman Saleh dan Jl. S. Parman menuju ke simpang lima Balapan.

Sementara untuk kendaraan berat, Dishub telah memasang petunjuk arah di simpang Ringin Semar. Dishub mengarahkan para pengemudi truk dan bus besar dari arah timur, kecuali bus Batik Solo Trans (BST), agar tidak masuk Jl. Monginsidi.

Kendaraan berat dari arah perempatan Panggung diarahkan lewat Jl. A. Yani kemudian Jl. Sutoyo hingga Simpang Joglo. Pengemudi kendaraan berat diimbau tak lurus ke arah barat ketika sampai di perempatan Ngemplak karena rawan menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di kawasan Gilingan.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan Dishub telah memasang rambu pendahulu petunjuk jalan (RPPJ) dan barikade untuk mendukung pengalihan arus lalu lintas selama dikerjakan proyek perbaikan jalan oleh Dinas PUPR. Dalam waktu dekat, Dishub giliran membuat arus lalu lintas di Jl. Monginsidi ruas perempatan Patung Mayor Achmadi-simpang lima Balapan berlaku searah dari barat ke utara.

Alasanya sama, untuk mendukung pengerjakan proyek perbaikan jalan di ruas jalan tersebut. Rekayasa lalu lintas rencananya diberlakukan selama tiga bulan ke depan.

“Sesuai rencana, rekayasa lalu lintas ini akan kami berlakukan hingga 28 Oktober. Kami menyesuaikan dengan jadwal proyek perbaikan jalan yang dibuat Dinas PUPR,” jelas Ari saat diwawancarai Solopos.com, Rabu (4/7/2018).

Selain Jl. Monginsidi, Jl. S. Parman juga bakal diperbaiki oleh Dinas PUPR dalam waktu dekat ini. Ruas Jl. S. Parman yang bakal diperbaiki mulai dari perlintasan sebidang Balapan hingga simpang lima Balapan. Proyek tersebut diketahui adalah proyek lanjutan dari tahun lalu di mana Dinas PUPR telah memperbaiki Jl. S. Parman ruas perlintasan sebidang Balapan sampai simpang Gilingan.

Dishub telah menyiapkan skema rekayasa lintas untuk perbaikan Jl. S. Parman sisi selatan perlintasan sebidang Balapan. Ari menyebut arus lalu lintas di Jl. S. Parman bakal kembali dibuat searah dari utara ke selatan sama seperti pada tahun lalu.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Solo, Joko Supriyanto, mengatakan Jl. Monginsidi maupun Jl. S. Parman perlu perbaikan menyeluruh mengingat kondisinya yang sudah rusak parah. “Sudah saatnya kedua jalan tersebut diperbaiki secara total. Perawatan rutin dengan sistem tambal sulam kurang efektif lagi. Kondisi jalan akan kembali rusak karena seringnya dilalui kendaraan berat. Selain rusak, jalan juga rawan kembali bergelombang karena ambles,” terang Joko.