Solopos Hari Ini: Gakin Tanpa Kuota Panen Protes

Solopos edisi Jumat (6/7 - 2018)
06 Juli 2018 10:10 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK di Solo, Karanganyar, dan Sragen, mengenai tidak adanya kuota calon siswa dari keluarga miskin (gakin) menuai protes.

Kebijakan itu diprotes karena calon siswa yang nilainya lebih baik kalah bersaing dengan calon siswa gakin yang nilainya lebih rendah. Sejumlah orang tua memprotes hal itu dengan mendatangi Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah III Dinas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah (Jateng) di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Kamis (5/7/2018).

Berita tidak adanya kuota calon siswa dari gakin menjadi headline Harian Umum Solopos, Jumat (6/7/2018). Selain kabar tersebut berikut beberapa berita lainnya:

URUGUAY VS PRANCIS: Kembali Berharap Taji Bocah Bondy
Kylian Mbappe adalah sosok kacang yang tak lupa pada kulitnya. Meski kini melesat bersama Paris Saint Germain dan Timnas Prancis, dia selalu ingat dengan kota kelahirannya yakni Bondy, kawasan miskin penuh pengangguran yang berada di timur laut Paris.

Bulan lalu Mbappe membiayai sekelompok siswa sekolah di Bondy untuk mengunjungi Rusia. Pemain yang baru berusia 19 tahun itu juga mendonasikan gajinya di Les Bleus, julukan Timnas Prancis, selama tampil di Piala Dunia 2018 untuk kegiatan sosial di Bondy.

KOMODITAS PANGAN: Beras Delanggu Tinggal Karungnya
Masih segar dalam ingatan Surati, 49, rasa nasi yang ia makan saat masih kanak-kanak. Aroma wangi yang tercium kendati nasi dingin, rasa manis saat dikunyah, dan mudah ditelan.
Kenangan itu seolah tinggal cerita. Ia kini kesulitan mendapatkan beras serupa. Beras yang ia konsumsi dahulu lazim disebut beras Delanggu. Ia berulang kali memasak beras dengan label ”Beras Delanggu” di kemasannya. Namun, tak pernah ia rasakan seperti dahulu lagi.

Baca selengkapnya: http://epaper.solopos.com/

Halaman Soloraya Solopos, Jumat (6/7/2018), memberitakan KPU Karanganyar menyatakan pasangan Yuli-Rober resmi menang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar 2018.

Penetapan rekapitulasi hasil suara Pilbup Karanganyar tak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat KPU pascapencoblosan, Rabu (27/6/2018).

FESTIVAL WAYANG BOCAH: “Kalau Grogi Tarik Napas”
Layar di panggung Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari perlahan diangkat naik, Kamis (5/7), menandai dimulainya lakon baru pergelaran wayang bocah di bangunan bersejarah tersebut. Riuh tepuk tangan menyambut penampilan Sanggar Sarwi Retno Budaya yang siang itu mengangkat judul Sang Kumbayana. 

Baca selengkapnya: http://epaper.solopos.com/