Gara-Gara Ini KPPS di 336 TPS Solo Dapat Hadiah Kambing

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
06 Juli 2018 13:00 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo bakal memberikan hadiah kambing kepada 336 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Bengawan yang berhasil memenuhi target tingkat partisipasi pemilih di TPS mereka mencapai 80%  lebih dalam Pilgub Jateng 2018.

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo, mengatakan hadiah kambing menjadi wujud apresiasi KPU kepada petugas KPPS yang telah berjuang meningkatkan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan Pilgub Jateng tahun ini.

Sebelum digelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pasangan Calon Pemilihan Gubernur dan Wagub Jateng Tingkat Kota Solo di aula Kantor KPU Solo, Kamis (5/7/2018) pagi, dia telah mengantongi data sedikitnya ada 336 TPS yang tercatat memiliki tingkat partisipasi pemilih hingga 80% sehingga berhak diapresiasi.

“Tingkat partisipasi pemilih pada gelaran Pilgub tahun ini di Solo luar biasa. Persentasenya naik siginifikan dibanding Pilgub sebelum-sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 60%. Kami sendiri mencatat yang mencapai target partisipasi 80% lebih itu ada 336 TPS. Mereka berhak mendapat apresiasi,” kata Agus.

Agus menjelaskan KPU tidak bisa seketika langsung memberikan hadiah seekor kambing kepada KPPS yang telah memenuhi target partisipasi pemilih 80%. Hal itu dikarenakan KPU memang tak menyediakan anggaran khusus untuk penyediaan hadiah kambing sebanyak itu.

KPU harus berkoordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat Solo yang diperkirakan bersedia untuk memberikan bantuan atau hadiah kambing kepada petugas KPPS berprestasi. Dia menerangkan secara garis besar posisi KPU hanya mengorganisasi pemberian hadiah kambing yang disediakan oleh sukarelawan atau donatur dari kalangan masyarakat.

“Kambing kemudian bisa dinikmati bersama-sama bersama wraga sekitar,” jelas Agus.

Agus menyampaikan karena saat ini jumlah kambing yang terkumpul belum sesuai dengan jumlah TPS yang telah mencapai tingkat partisipasi 80% lebih, KPU Solo membuka tangan kepada masyarakat untuk membantu.

Masyarakat dipersilakan berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan demi menggugah semangat kerja para KPPS serta meningkatkan partisipasi para pemilih tersebut. Dia meyakini adanya iming-iming hadiah itu turut mempengaruhi keberhasilan penyelenggaraan Pilgub di Solo kali ini.

Seperti diketahui tingkat partisipasi pemilih gelaran Pilgub Jaten 2018 ini di Solo mencapai 77,58% atau melebihi target KPU pusat.

“Kami masih membuka secara lebar atau luas bagi masyarakat yang mau berpartisipasi. Beberapa tokoh masyarakat sudah kami hubungi. Kebetulan beberapa LPMK [Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan] juga ada yang langsung memberikan mungkin di Pucangsawit dan keluaraha lain. Sementara yag belum memberikan nanti bisa kami yang mengorganisir,” tutur Agus.

Bukan hanya terkait dengan tingkat partisipasi, KPU Solo diketahui juga memberikan apresiasi kepada KPPS maupun PPK yang berhasil mencapai target KPU dalam kriteria lain. Beberapa di antaranya, yakni PPK dengan manajemen pengelolaan logistik terbaik yang berhasil diraih PPK Serengan, PPK dengan manajemen penyelenggaraan Pemilu badan ad hoc terbaik diraih oleh PPK Laweyan.

Selain itu, PPK dengan manajemen pengelolaan dan akurasi data pemilih terbaik yang diberikan kepada PPK Pasar Kliwon, PPK dengan pelaksanaan ketertiban pelaksanaan pemungutan suara terbaik yang diraih oleh PPK Banjarsari, dan PPK dengan kreatifitas sosialsiasi pendidikan pemiih terbaik yang jatuh kepada PPK Jebres. 

Pemberian Apresiasi KPU Award dalam kompetisi Poitainment (Politic Entertainment) Pilgub Jateng 2018. Ada pula hadiah untuk TPS unik, yakni:

1. TPS 96 Kadipiro dengan tema Kampung Juara

2. TPS 6 Semanggi dengan tema Wayang Orang

3. TPS 16 Danukusuman dengan tema Pemadam Kebakaran

4. TPS 8 Kerten dengan tema Piala Dunia

5. TPS 16 Sondakan dengan tema Anak Sekolah

Tokopedia