Shopee Latih Pedagang Online Solo Biar Lebih Laris

Kegiatan Ngupee Shopee di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Kota Solo, Sabtu (7/7 - 2018). (Istimewa/Public Relation Shopee Indonesia)
11 Juli 2018 17:02 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Shopee, salah satu marketplace online terbesar di Indonesia, mengajak para pedagang online di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) untuk belajar bersama agar dagangan yang dijual secara online lebih laris.

Upaya manajemen Shopee dalam meningkatkan pengetahuan para pedagang online di Kota Solo itu dilaksanakan melalui acara bertajuk Ngumpul Penjual Shopee (Ngupee) di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Kota Solo, Sabtu (7/7/2018) pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Marketing Manager Shopee Indonesia, Monica Vionna Elysia, menjelaskan acara Ngupee di Solo itu sangat bermanfaat bagi para pedagang online. "Ngupee kami adakan untuk membantu dan menjawab tantangan yang dihadapi para penjual, melalui edukasi akan pengetahuan dan keahlian berjualan secara online yang sudah disediakan oleh tim Shopee," ujarnya seperti pada keterangan yang diterima Solopos.com, Rabu (11/7/2018).

Kegiatan Ngupee Shopee di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Kota Solo, Sabtu (7/7/2018). (Istimewa-Public Relation Shopee Indonesia)

Berdasarkan penjelasan Monica, Ngupee merupakan bentuk komitmen Shopee Indonesia bagi seluruh pedagang yang tergabung di dalam komunitas Shopee. "Maka, peserta yang ikut serta dalam program Ngupee merupakan penjual Shopee Indonesia," jelas marketing manager Shopee Indonesia tersebut.

Ia membeberkan topik dan ilmu yang diberikan kepada para pedagang online di Kota Solo itu meliputi segala hal bermanfaat dan bisa dipraktikan dalam pengembangan perdagangan online. Copywriting dan teknik fotografi merupakan materi yang juga disertakan dalam kegiatan tersebut.

Selain menjadi wadah belajar bagi para pedagang, lanjut Monica, Ngupee juga merupakan wadah berkumpul dan berbagi bagi sesama pedagang di Shopee. "Hingga saat ini, Shopee Indonesia telah mengedukasi penjual yang tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia," lanjutnya.

Di acara Ngupee, para pedagang juga bertukar pengalaman dengan pedagang lain. Dengan begitu, para pedagang diharapkan bisa memperkaya pengetahuan serta keahlian serta jaringan dengan sesama pedagang untuk mengembangkan bisnis online-nya lebih baik bersama Shopee Indonesia.

Kini, pengguna Shopee sudah tersebar di 515 kota dan kabupaten di seluruh pelosok Indonesia dengan lebih dari 80% penggunanya berasal dari luar Jabodetabek. Di Jateng sendiri, terdapat sekitar 60.000 mitra Shopee. Banyak diantara mereka juga tergabung dalam komunitas pedagang Shopee dan menjadi partisipan dalam acara Ngupee.

Kota Solo juga merupakan wilayah yang memiliki pengguna Shopee cukup banyak mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna Shopee paling banyak dibanding negara lain. "Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kontribusi terbesar terhadap bisnis Shopee, yaitu sebanyak 40% jika dibandingkan dengan 7 negara lainnya," tandas Marketing Manager Shopee Indonesia, Monica Vionna Elysia.

Tokopedia