Hasil PPDB Belum Diumumkan, Orang Tua Calon Siswa Wonogiri Kecele

Orang tua calon siswa meminta penjelasan mengenai hasil PPDB yang belum diiumumkan di SMAN 2 Wonogiri, Rabu (11/6 - 2018). (Solopos/Rudi Hartono)
11 Juli 2018 19:45 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Calon siswa dan orang tua calon siswa SMAN/SMKN di beberapa sekolah di Wonogiri kecele lantaran hasil PPDB yang sedianya disampaikan Rabu (11/7/2018) tak dapat diumumkan sejak pagi.

Pantauan Solopos.com di SMAN 2 Wonogiri, Rabu pagi, ada seorang perempuan yang menanyakan pengumuman hasil penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah tersebut. Setahu dia hasil PPDB  diumumkan hari itu, tetapi sekolah tak mengumumkannya.

Petugas setempat menjelaskan sekolah belum dapat mengumumkan hasil PPDB karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah belum mengeluarkan pengumuman resmi. Informasi dari Pemprov, hasil resmi akan diumumkan melalui http://jateng.siap-ppdb.com maksimal pukul 23.59 WIB malam ini.

Mendapat jawaban itu perempuan tersebut pasrah karena protes pun tak akan membuahkan hasil lantaran keputusan untuk mengeluarkan hasil PPDB merupakan kewenangan Pemprov Jateng. Kepada Solopos.com, perempuan bernama Ny. Pur itu mengaku kecewa.

Dia ke sekolah itu ingin mengetahui anaknya diterima atau tidak. Beberapa hari terakhir warga yang tinggal tak jauh dari SMAN 2 Wonogiri tersebut gelisah karena ikut memikirkan masalah itu.

“Orang tua ikut tak tenang kan di saat seperti ini. Penginnya cepat mendapat kejelasan. Kalau menurut hasil sementara di website, anak saya diterima. Tapi kan akan lebih jelas kalau lihat pengumuman resminya di sekolah,” kata dia.

Sementara itu, Dwi Nurcahya menyampaikan hal senada. Lulusan SMPN 1 Nguntoronadi itu datang ke SMKN 2 Wonogiri untuk melihat pengumuman PPDB  secara resmi. Dia mengaku sudah mengetahui hasil sementara PPDB di website yang menyatakan dirinya prioritas diterima.

Namun, remaja asal Nguntoronadi itu ingin memastikannya ke sekolah agar lebih afdal. Meski hasil resmi belum dapat diumumkan, remaja laki-laki itu tak mempermasalahkannya. Dia akan kembali ke SMKN 2 Wonogiri untuk melihat pengumuman resmi, Kamis (11/7/2018) ini. Jika diterima dia akan langsung daftar ulang.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 2 Wonogiri, Wardoyo, saat dimintai konfirmasi menjelaskan hasil PPDB SMA/SMK secara resmi diumumkan melalui website maksimal pukul 23.59 WIB malam ini. Namun hingga siang belum ada pemberitahuan lebih lanjut.

Dalam Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB, pengumuman memang dijadwalkan 11 Juli. Atas hal itu masyarakat beranggapan pada tanggal tersebut hasil PPDB bisa diketahui sejak pagi. Alhasil, para calon siswa dan orang tua calon siswa berbondong-bondong ke sekolah.

“Tadi halaman sekolah  [SMAN 2 Wonogiri] dipenuhi orang tua calon siswa. Ada yang bisa menerima informasi itu, tapi banyak juga yang protes. Kami memberi penjelasan melalui pengeras suara. Setelah itu mereka bisa memahami,” ucap Wardoyo.

Menurut dia, pengumuman resmi belum bisa disampaikan sejak pagi karena proses verifikasi SKTM oleh seluruh SMAN/SMKN masih berjalan. Terlebih, Gubernur Ganjar Pranowo, sebelumnya menyampaikan ada ribuan SKTM yang terindikasi fiktif.