SMPN Solo Kurang Siswa Perpanjang Pendaftaran

Orang tua calon siswa meminta penjelasan mengenai hasil PPDB yang belum diiumumkan di SMAN 2 Wonogiri, Rabu (11/6 - 2018). (Solopos/Rudi Hartono)
12 Juli 2018 09:30 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO – SMPN kekurangan siswa memperpanjang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) offline sampai Jumat (13/7/2018). Disdik mengimbau kepada sekolah agar tidak memaksakan diri untuk memenuhi kuota siswa yang tersedia.

“Hari Rabu pukul 14.30 WIB hanya ada lima siswa yang mendaftar PPDB offline di SMPN 25 Solo. Kami masih kekurangan sebanyak 85 siswa,” ujar Kepala Sekolah SMPN 25 Solo, Sri Rahayu saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu (11/7/2018).

Sri mengungkapkan pendaftaran offline tahap pertama dibuka selama tiga hari Senin-Rabu (9-11/7/2018). Panitia memperpanjang pendaftaran PPDB offline selama dua hari Kamis-Jumat (12-13/7/2018). Perpanjangan pendaftaran offline ini diharapkan bisa mengakomodasi siswa yang belum mendapatkan siswa.

“Kami sudah koordinasi dengan Disdik [Dinas Pendidikan] terkait pendaftaran PPDB offline sampai hari Jumat. Panitia menginformasikan kepada siswa yang belum mendapatkan sekolah segera mendaftar di SMPN 25 Solo. Siswa dari luar kota boleh mendaftar di sini,” ujar Sri.

Ia menjelaskan sebagian besar siswa di SMPN 25 Solo sebelum ada zonasi siswanya banyak dari luar kota yakni Baki, Grogol, dan Kartasura. Namun, karena PPDB online tahun ini menerapkan zonasi siswa luar kota tidak bisa mendaftar online. Hal tersebut berdampak pada kekurangan siswa dengan jumlah banyak.

“Keberadaan SMPN 27 yang dibangun di daerah perbatasan dengan Makamhaji, Kartasura berpengaruh pada minimnya siswa yang mendaftar di SMPN 25 Solo. Kami berharap ada perubahan wilayah zonasi agar sekolah yang berada di tengah kota tidak kekurangan siswa,” kata dia.

Koordinator PPDB online Ade Rendra, mengatakan SMPN 15 Solo memperpanjang pendaftaran offline sampai Jumat. Panitia memperpanjang pendaftaran offline setelah hari terakhir ini masih kekurangan 50 siswa.

“Kami berharap dengan perpanjangan ini kuota yang masih kosong ini bisa terpenuhi,” kata Ade kepada Solopos.com.

Anggota Panitia PPDB Online Disdik Solo, Arip Wisnugroho, mengimbau kepada SMP kurang siswa agar tidak memaksakan diri untuk mencari siswa sesuai kuota. Hal itu sangat penting mengingat empat hari lagi tahun ajaran 2018/2019 sudah dimulai.

“Lebih baik sekolah fokus pada persiapan menyambut siswa baru. Kami mendata masih ada sedikit siswa dalam kota Solo yang belum mendapatkan sekolah,” kata dia.

Tokopedia