Halo Pemkot! Eskalator Pasar Klewer Solo Macet Lho!

Pengunjung turun dari lantai II menuju lantai I di Pasar Klewer, Kamis (12/7 - 2018). (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)
12 Juli 2018 20:10 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Eskalator atau tangga berjalan untuk pengunjung dan pedagang dari lantai II menuju lantai I Pasar Klewer Solo sudah lama tak berfungsi. Aduan itu awalnya disampaikan akun bernama Vino melalui aplikasi luncuran Pemerintah Kota Solo, Solo Destination.

Dalam laman pengaduan tertanggal Minggu (8/7/2018) itu, Vino menulis eskalator di Pasar Klewer untuk turun dari lantai II ke I sudah dua bulan mati, entah sengaja dimatikan atau memang rusak. Ketika Solopos.com mendatangi Pasar Klewer, Kamis (12/7/2018) siang pukul 11.00 WIB, aduan dari akun bernama Vino itu terbukti benar.

Tokopedia

Eskalator turun dari lantai II ke lantai I tak berfungsi. Sementara eskalator naik masih berjalan normal. Para pengunjung terlihat berjalan seperti menuruni tangga biasa ketika menggunakan eskalator itu.

Salah satu pedagang, Sri Sumarsi, membenarkan eskalator tersebut telah mati selama beberapa lama. "Sekitar sepekan kurang, tapi tidak sampai berbulan-bulan," tutur penjaga toko Hidup Baru itu.

Toko Sri terletak di blok H nomor 19 tepat di samping eskalator. Sri mengatakan sejak eskalator itu tak berfungsi, dia tak melihat ada petugas yang memperbaikinya. "Namun saya tidak bisa memastikan apakah sudah pernah diperbaiki atau belum," katanya.

Pedagang lain, Purwanti, menyatakan hal senada. Sekitar tiga hari lalu eskalator arah turun dari lantai II menuju lantai I tak berfungsi. Penjaga kios batik Mbak Purwanti di blok G nomor 39 itu juga membenarkan erornya eskalator itu bukan kali pertama ini terjadi.

"Beberapa bulan lalu, tapi saya lupa tepatnya, eskalator itu juga mati, tapi pernah diperbaiki dan sekarang mati lagi," ungkap Purwanti yang kiosnya terletak tepat di samping eskalator di lantai II.

Salah satu pengunjung, Dian Putri, mengaku kerepotan membawa belanjaan akibat eskalator yang tak berfungsi. Dian saat itu membeli selusin daster dari lantai II.

"Akhirnya harus angkat belanjaan yang tidak sedikit sambil turun eskalator yang seperti turun tangga," ungkap Dian.

Meski jarang pergi ke Pasar Klewer, Dian mengaku hari ini dia bernasib apes lantaran eskalator yang tak berfungsi. "Enggak tahu rusak dari kapan, tapi saya berharap segera diperbaiki untuk kenyamanan pengunjung," kata Dian.

Selain eskalator dia mendapati lift di sisi kiri (utara) juga tidak berfungsi, Kamis (12/7/2018). Sementara lift di sisi selatan (kanan) berfungsi normal. Pantauan Solopos.com, terdapat tulisan out of service pada lift sebelah utara.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer  (HPPK), Tafip Harjono, mengatakan lurah pasar pasti telah mengetahui dan segera mengusahakan perbaikan. "Apalagi kami punya pertemuan dengan dinas [Dinas Perdagangan] untuk mengomunikasikan kerusakan infrastruktur," ujar Tafip ketika dimintai keterangan melalui telepon.

Dia mengatakan selain pengaduan, para pedagang tak bisa berbuat banyak karena fasilitas umum harus ditangani teknisi terkait. "Kecuali jika fasilitas yang bersifat pribadi seperti lampu, kami pasti bisa usahakan sendiri."

Tafip tidak tahu kapan persisnya lift dan eskalator di pasar yang baru sekitar setahun diresmikan setelah dibangun kembali pascakebakaran itu mulai rusak.