Demokrat Sambangi PDIP, Mau Koalisi Pilpres 2019?

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto (ketiga dari kiri) bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (keempat dari kiri) menggelar jumpa pers di DPP PDIP, Jakarta, Jumat (13/7 - 2018). (Bisnis / Jaffry Prabu)
13 Juli 2018 18:00 WIB Jaffry Prabu Prakoso Nasional Share :

 

Solopos.com, JAKARTA -- Pendekatan Partai Demokrat ke sejumlah parpol menjelang pendaftaran peserta Pilpres 2019, terus berlanjut. Kali ini, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengunjungi markas pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta.

Pada pertemuan tersebut Agus bertemu dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Meski begitu Agus tidak menjelaskan secara rinci isi pertemuan yang berlangsung singkat itu.

"Kunjungan saya ini tujuannya baik. Ini pertama kali buat saya. Dan barangkali kunjungan berikutnya saya akan mengajak Pak Hasto dan seluruh teman-teman di tempat saya," katanya seusai pertemuan, Jumat (13/7/2018).

Agus menjelaskan perbincangan kedua elite partai ini masih baru membicarakan secara umum dan belum merinci pada pembahasan khusus. Meski begitu, keduanya bersepakat silaturahmi ini untuk membuka pintu berbangsa dan bernegara. Terlebih sesaat lagi Indonesia akan melakukan pesta demokrasi.

Hasto menyambut baik kedatangan petinggi Partai Demokrat itu. Pertemuan ini sekaligus menepis anggapan bahwa hubungan kedua partai tidak begitu baik. Namun belum ada kepastian tentang kemungkinan koalisi, termasuk soal bursa calon wakil presiden (cawapres) pendamping Jokowi.

Dia menjelaskan tidak menutup kemungkinan akan terjalin kerja sama di pemilu mendatang. "Termasuk pemilu dan pemilihan presiden dapat dijalankan dengan baik," jelasnya.

Sebelumnya Airlangga juga melakukan pertemuan dengan Partai Demokrat. Sempat beredar isu bahwa Golkar akan berkoalisi dengan partai yang didirikan oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Akan tetapi, isu itu ditepis oleh para petinggi Golkar.