Tendang Wanita di Minimarket, AKBP Yusuf Ditangkap di Bandung

Video polisi menganiaya wanita di sebuah swalayan di Babel. (Youtube - Gracia Ileana)
13 Juli 2018 20:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, BANDUNG -- AKBP M Yusuf, polisi yang menendang wanita di minimarket miliknya Jl Graha Loka Selindung, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Rabu (11/7/2018), berurusan dengan hukum. Dia telah ditangkap di Jawa Barat oleh Divisi Propam Polda Jabar, Jumat (13/7/2018).

Yusuf sedang berada di Bandung saat ditangkap oleh polisi. "MY sedang izin ke Bandung untuk mengurus kuliah anaknya. Setelah ada laporan mengenai peristiwa itu, kami mengamankan MY. Kami hendak menanyakan apakah benar dia izin ke Bandung,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudho, Jumat, dilansir Suara.com.

Trunoyudho menegaskan Polda Jabar hanya membantu penyelidikan terhadap AKPB Yusuf, karena yang bersangkutan tengah berada di Bandung. Sementara itu, penyelidikan dan pemeriksaan terhadap Yusuf, tetap dilakukan Divisi Propam Mabes Polri.

“Sudah kami amankan, dan kemungkinan, Sabtu [14/7/2018] besok akan dipulangkan ke Bangka Belitung,” terangnya.

Aksi kekerasan Yusuf tersebut telah membuatnya dicopot dari jabatan sebagai Kasubdit di Ditpamobvit Polda Babel. Pencopotan itu dilakukan atas perintah Kapolri Jenderal Tito Karnavian setelah video penganiayaan Yusuf terhadap perempuan itu viral di media sosial.

Viralnya video tersebut membuat kabar itu sampai ke Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Tito marah mengetahui perwira menengah (pamen) Polda Bangka Belitung (Babel) itu menganiaya dua wanita dan seorang anak yang dituduhnya mencuri. Tito pun memerintahkan pencopotan Yusuf dari jabatannya.

"Kapolri marah karena AKBP Y tidak sejalan dengan program Promoter," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol M Iqbal di Jakarta, Jumat, dilansir Antara.

Menurut Iqbal, Kapolri memerintahkan Kapolda Babel agar mencopot AKBP Yusuf dari jabatannya. Yusuf sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Kilas Direktorat Pengamanan Benda Vital (Ditpamobvit) Polda Babel.

AKBP Yusuf kini dimutasi ke Pelayanan Markas (Yanma) Polda Babel. Sedangkan jabatan lamanya diisi AKBP Steyvanus Saparsono berdasarkan Surat Telegram Kapolda Babel Nomor ST / 1786 / VII / 2018 tertanggal 13 Juli 2018.