Eni Maulani Saragih Ditangkap KPK di Rumah Idrus Marham

Eni Maulani Saragih (wikidpr.org)
13 Juli 2018 22:22 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih kuat menghadapi dugaan kasus korupsi yang dihadapinya. Politikus Golkar itu ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (13/7/2018).

Bambang mengatakan meski sudah mengetahui pemanggilan atas rekan satu partai dengannya itu, namun dia belum bisa berkomentar lebih jauh. Pasalnya, belum ada keterangan yang lebih rinci dari KPK terkait dugaan keterlibatan politikus Golkar asal daerah pemilihan Gresik, Jawa Timur itu. “Saya berharap Bu Eni Saragih bisa melaluinya dengan tabah dan baik,” ujarnya kepada wartawan, Jumat.

Bambang sendiri mengakui mendapatkan berita itu dari stafnya sehingga belum bisa mendalaminya lebih jauh. Saat dibawa penyidik KPK, Eni berada di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham. Kasus itu diduga kuat terkait dugaan suap proyek energi di Gresik.

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) itu, komisi antirasuah juga menangkap 8 orang dan mengamankan uang sebesar Rp500 juta. "KPK mengamankan uang rupiah lima ratus juta. Kami duga terkait dengan tugas di Komisi VII DPR-RI," ujar Juru Bicara KPK, Febridiansyah.

Eni merupakan pimpinan komisi DPR yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknologi, dan Lingkungan Hidup. Eni Saragih, yang merupakan istri dari M Al Khadziq, bupati terpilih Temanggung, ditangkap saat menghadiri ulang tahun putra bungsu Idrus Marham.

Febridiansyah menyatakan penangkapan terhadap Eni dan lainnya berawal dari informasi masyarakat tentang adanya perkara suap. Setelah informasi itu didalami oleh tim KPK di lapangan, ditemukan bukti-bukti bahwa memang telah terjadi transaksi antara swasta dan penyelenggara negara.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar Maman Abdurrahman menjelaskan kronologi penangkapan Eni. Menurut dia, pada Jumat, 13 Juli 2018 berlangsung acara ulang tahun pertama anak bungsu Menteri Sosial Idrus Marham. Acara itu dihadiri sejumlah pejabat Kemensos, keluarga, dan beberapa kolega Idrus. "Turut hadir di acara itu Mbak ES,” ujarnya.