Berantas Narkoba, Kabupaten Wonogiri Bentuk Tim Khusus

Ilustrasi narkoba. (Solopos/Whisnu Paksa)
14 Juli 2018 15:45 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI — Peredaran narkoba di Kabupaten Wonogiri dirasa masih banyak yang belum terungkap. Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten Wonogiri akan membentuk tim khusus yakni Tim Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Peredaran Penyalahgunaan Narkotika (TP4GN) pada tanggal 17 Juli 2018 bertepatan dengan Hari Antinarkoba Internasional.

Menurut Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, saat berbincang dengan Solopos.com, di kompleks Sekretariat Daerah, Sabtu (14/7/2018) mengatakan dahulu ia terlibat aktif dalam menangani pecandu narkoba ia menemukan seorang pecandu yang ketika sedang sakau sudah seperti orang yang sekarat dan hal ini sangat beresiko. Maka pada 17 Juli tidak hanya upacara bendera biasa saja, melainkan terdapat deklarasi di Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Tokopedia

“Kasus narkoba ibarat gunung es kasus yang terungkap masih sangat kecil jika dibandingkan dengan penyalanggunaan narkoba yang hingga saat ini masih berjalan. Masih sangat banyak kasus-kasus terlebih di daerah-daerah, saat ini kami masih meminta masukan dan koordinasi dari Satuan Reserse Narkoba Polres Wonogiri,” ujarnya.

Hal ini lantas akan dibentuk TP4GN untuk memberantas penyalahgunaan narkoba dengan seluruh elemen seperti Polri, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Instansi Kesehatan karena pemberantasan narkoba melibatkan seluruh elemen dan berkaitan.

“Jadi sangat jelas tim ini memiliki fungsi jelas dan resmi yakni bisa melakukan penindakan, memerangi, dan melawan narkoba dan fungsi lain yakni memberi penyuluhan ke masyarakat mengenai bahaya narkoba,”

Deklarasi akan dilaksanakan di Alun-Alun Giri Kridha Bhakti dengan harapan tim dapat bersinergi memberantas peredaran narkoba di Kota Sukses dan menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkotika yang dapat merusak masa depannya. Susunan tim telah terbentuk dan terdapat pada lampiran Keputusan Bupati Nomor 144/Tahun 2018 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba dengan diketuai oleh Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa dengan wakil yakni Wakapolres Wonogiri, Kompol A. Aidil Fitri Syah .