Samsat Keliling Klaten Buka Malam Hari Loh! Ini Lokasinya

Warga mengurus pajak tahunan kendaraan bermotor di Samsat Keliling, depan pintu masuk Gedung Sunan Pandanaran Klaten, Sabtu (14/7 - 2018). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
16 Juli 2018 13:15 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Mobil Unit Pelayanan Pendapatan Daerah  (UPPD) atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Klaten terparkir di bawah gapura Gedung Sunan Pandanaran atau kawasan RSPD Klaten, Sabtu (14/7/2018) malam. Pintu samping dan belakang mobil itu terbuka dengan lampu menyala terang di dalamnya.

Seorang polisi dan seorang pegawai di dalam mobil sibuk melayani pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Sementara warga terus berdatangan sembari membawa sejumlah dokumen seperti STNK asli, KTP asli, serta tanda pelunasan pajak terakhir.

Wiyati, 29, salah satunya. Dia datang bersama suaminya, Haryadi, 34, dan seorang anak mereka. Dokumen yang ia bawa langsung diberikan ke petugas di dalam mobil. Sembari menikmati suasana malam pusat keramaian Klaten, mereka menanti pajak tahunan kendaraan mereka rampung diurus.

Wiyati dan suaminya tak perlu menunggu lama lantaran malam itu tak banyak antrean. Sekitar lima menit, pajak kendaraan mereka rampung diurus.

Wiyati sengaja mendatangi pelayanan Samsat  keliling malam hari itu setelah mendapat informasi dari media sosial (medsos). “Kebetulan kerja semua. Dengan adanya pelayanan ini tidak perlu izin keluar kantor. Sekalian mengantar anak untuk main ke Plasa Klaten,” kata warga Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, itu saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu malam.

Hal yang sama dilakukan Faris Himawan, 28, warga Desa Bakalan, Kecamatan Ceper, Klaten. Ia mengetahui ada pelayanan Samsat keliling malam hari dari adiknya yang mendapat informasi dari medsos. Faris bekerja di salah satu perusahaan garmen di Klaten. Dengan pelayanan tersebut, ia tak perlu minta izin ke perusahaan tempat bekerja hanya untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan.

“Biasanya itu harus izin dulu sehari atau setengah hari. Rencananya mau izin Senin [16/7/2018] mengurus pajak kendaraan ke Samsat Delanggu. Tahu ada pelayanan ini, jadi tidak perlu izin lagi,” katanya.

Sabtu itu merupakan kali pertama pelayanan UPPD/Samsat  keliling saat sore hingga malam di Klaten. Pelayanan malam itu dibuka rutin Senin-Sabtu pukul 16.30 WIB-20.00 WIB. Lokasi pelayanan di tepi Jl. Pemuda tepat di seberang Alun-alun Klaten yang menjadi pusat keramaian di Klaten.

Pelayanan malam itu melengkapi pelayanan di luar Kantor UPPD/Samsat Klaten. Saban Senin-Sabtu, pelayanan pajak tahunan kendaraan bermotor bisa dilayani melalui Samsat keliling yang menyambangi kantor kecamatan secara bergiliran. Saban Minggu, pelayanan Samsat Keliling juga dibuka di halaman kantor UPPD/Samsat Klaten mulai pukul 06.30 WIB hingga 09.00 WIB.

Kepala UPPD/Samsat Klaten, Sri Harnani, mengatakan pelayanan di luar kantor hingga malam hari terutama untuk memberikan kesempatan kepada para pekerja yang pulang sore sehingga tak memiliki kesempatan mengurus pajak tahunan kendaraan saat jam kerja.

“Tujuan kami agar semakin dekat dan semakin cepat melayani para wajib pajak. Para pekerja saat pulang sore masih ada kesempatan mengurus pajak sehingga tidak ada lagi alasan telat membayar pajak karena pulang kerjanya sore,” katanya.