132 Calhaj Solo Rampung Jalani Manasik Gratis Bersama KBH Mandiri

Para calhaj asal Solo yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri menghadiri Mangayubagyo Keberangkatan Haji KBH Mandiri 2018 di Masjid Istiqlal, Sumber, Solo, Minggu (15/7 - 2018). (Istimewa)
18 Juli 2018 17:00 WIB Rohmah Ermawati Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 132 jemaah calon haji (calhaj) asal Solo yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri siap diberangkatkan ke Tanah Suci. Sebelumnya, mereka telah menjalani manasik secara gratis selama kurang lebih 10 bulan.

"Kami merasa bersyukur bisa bergabung di KBH Mandiri. Karena dalam bimbingan selama 10 bulan terakhir ini, kami telah diberi ilmu manasik haji secara lengkap dan gratis lagi," kata Yuni Wartono, selaku wakil calhaj saat menyampaikan kata sambutan pada Mangayubagyo Keberangkatan Haji KBH Mandiri 2018 di Masjid Istiqlal, Sumber, Surakarta, Minggu (15/7/2018).

Tokopedia

Yuni Wartono memberi apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran Yayasan Haji Mandiri beserta semua ustaz yang membimbing dengan dedikasi tinggi dan penuh keikhlasan.

"Mungkin hanya di KBH Mandiri kegiatan manasik haji seperti ini tanpa dimintai biaya sepeserpun. Padahal kami dijamu demikian menyenangkan baik saat dalam kelas teori maupun praktik, selalu disediakan snack, dengan ustaz yang ramah. Semoga semua itu menjadi amal jariah bapak ibu semuanya di KBH Mandiri," tambahnya dalam rilis yang diterima solopos.com.

Sementara itu Ketua Yayasan Haji Mandiri Joko Riyanto mengatakan tujuan dibentuknya yayasan itu sejak awal memang untuk menyantuni para calhaj. "Yayasan ini kami jadikan ladang amal untuk menyantuni dan melayani tamu Allah di Tanah Suci. Mereka perlu persiapan dan ilmu untuk berangkat haji," kata Joko Riyanto

Sebanyak 132 jemaah calhaj KBH Mandiri tahun ini terbagi ke dalam tiga kelompok terbang (kloter), yaitu Kloter 38, 39, dan Kloter 40. Mereka akan mulai masuk ke Embarkasi Haji Donohudan Solo pada 28 Juli 2018 dan terbang ke Tanah Suci 29 Juli 2018.

Pada acara itu juga diisi dengan tauziah Ustaz Seno Hadisumitro yang mengulas tentang karakter seorang haji mabrur. Menurut Seno, kemabruran haji seseorang nantinya akan terlihat dari konsistensinya dalam melaksanakan ibadah ritual yang sangat baik dan ibadah sosialnya juga sangat baik.

Sumber : *