2 Api Abadi Asian Games Bertemu di Klaten, Ini Rangkaian Acaranya

Mantan petenis nasional, Yayuk Basuki, mengusung tinder box berisi api Asian Games di Semarang, Rabu (18/7 - 2018). (Solopos/Imam Yuda S.)
18 Juli 2018 15:15 WIB Suharsih Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Setelah mendarat di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Selasa (17/7/2018), dan dibawa ke Museum Dirgantara, perjalanan api abadi Asian Games  2018 berlanjut ke Klaten via jalur darat, Rabu (18/7/2018).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, pada Rabu pukul 14.00 WIB, api abadi dari India itu akan dibawa ke Candi Boko dan disambut panitia dari Kabupaten Sleman, DIY.

Tokopedia

Selanjutnya pada pukul 17.00 WIB, api abadi Asian Games 2018 dibawa ke Candi Prambanan untuk dipertemukan dengan api abadi Mrapen Jateng. Acara ini rencananya dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

Sekitar pukul 19.00 WIB, acara diperkirakan selesai. Wapres beserta rombongan meninggalkan lokasi sedangkan api abadi dibawa ke Museum Dirgantara untuk diinapkan.

Acara dilanjutkan pada Kamis (19/7/2018). Api abadi  dibawa ke Tugu Jogja menggunakan mobil kemudian diarak dengan berlari sepanjang 10 kilometer (km) mulai pukul 07.00 WIB.

Sepanjang jalur 10 km itu akan diramaikan dan disambut masyarakat serta anak anak sekolah di wilayah Jogja. Jalur lari 10 km itu dimulai dari Tugu jogja, Mangkubumi, Kliringan, Malioboro, titik nol, Simpang Empat Gondomanan, pojok beteng wetan, pojok beteng kulon, simpang empat Ngabean, titik nol, hingga alun-alun Jogja.

Arak-arakan api diperkirakan tiba di alun-alun Jogja sekitar pukul 09.00 WIB lalu dibawa ke perbatasan Prambanan, Klaten, Jateng. Kecepatan perjalanan api Asian Games sampai di depan Polsek Prambanan dikurangi karena akan disambut masyarakat dan anak-anak sekolah kurang lebih 5.000 orang.

Jarak dari perbatasan Prambanan sampai Polsek Prambanan sekitar 2,7 km. Ada empat lokasi konsentrasi kesenian yang diadakan yakni depan Polsek Kalasan, bekas jembatan timbang LLAJR, Lapangan Rongga, dan gapura perbatasan DIY-Jateng. Penyerahan api Asian Games  dari wilayah DIY ke Jateng dilakukan di perbatasan wilayah tersebut.