Solopos Hari Ini: 8.370 Caleg Berebut 575 Kursi DPR

Harian Umum Solopos edisi Kamis (19/7 - 2018).
19 Juli 2018 10:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya 8.370 kandidat calon anggota legislatif (caleg) dari 16 partai politik (parpol) akan bersaing untuk memperebutkan 575 kursi DPR dalam Pemilu 2019.

Jumlah kandidat caleg dari 16 parpol itu berdasarkan data Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (18/7/2018) siang. Data tersebut berpotensi bertambah karena kemungkinan ada partai yang belum sepenuhnya menyelesaikan pengunggahan data kandidat caleg di Silon.

Kabar tentang perebutan kursi DPR itu menjadi berita utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (19/7/2018). Berita tersebut dapat disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, masih banyak kabar menarik yang dapat disimak pada Harian Umum Solopos edisi hari ini. Kirab obor Asian Games 2018 juga menjadi kabar utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Gegap Gempita Sambut Obor Asian Games

Arus lalu lintas di Jl. Slamet Riyadi dari arah perempatan Gendengan ke pertigaan Stadion Sriwedari sedikit tersendat, Rabu (18/7/2018) pagi. Pengguna kendaraan harus sedikit bersabar karena Jl. Slamet Riyadi depan Loji Gandrung tengah digunakan untuk kegiatan geladi bersih event Torch Relay Asian Games 2018.

Pengendara dari arah barat yang ingin menuju ke arah timur saat itu hanya bisa memanfaatkan separuh lebar Jl. Slamet Riyadi bagian utara.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ulasan tentang pungutan dan sumbangan terkait PPDB di Klaten menjadi sorotan utama. Selain itu, ada pula kabar tentang prestasi siswa di Solo yang mampu berprestasi di olimpiade matematika.

Bedakan Sumbangan dan Pungutan

Harus ada penjelasan dan peraturan yang tegas terkait praktik pemberian uang dari wali murid kepada sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Jika di dalamnya ada unsur pungutan, aparatur sipil negara (ASN) terkait harus mendapatkan sanksi. Wakil Ketua Komisi IV DPRD Klaten, Sri Widodo, mengatakan batas antara pungutan dan sumbangan sangat tipis.

Kasus pemberian uang dari wali murid kepada sekolah dalam PPDB di SMPN 1 Jogonalan, Klaten, perlu pernyataan tegas apakah termasuk pungutan atau sumbangan. Jika nominal pemberian dan penyerahannya tidak diberi batasan dan bersifat tidak mengikat, maka bisa disebut sumbangan.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Hadapi Siswa Se-Indonesia, Dzaky Raih Medali Emas OSN

Dzaky Aulia Fadhil meraih medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Bidang Matematika 2018.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.