KPU Sukoharjo Dapati Nama Bacaleg Tak Sesuai KTP

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
20 Juli 2018 04:40 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menemukan ketidaklengkapan dan ketidaksesuaian berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg) peserta Pemilu 2019 saat memverifikasi berkas persyaratan 412 bacaleg.

Salah satunya nama bacaleg di ijazah yang tidak sesuai dengan nama di KTP yang dilampirkan dan alamat di berkas tidak sesuai dengan KTP. Hal lainnya di antaranya tidak dilampirkannya hasil cek kesehatan jasmani dan rohani, surat bebas narkoba, Surat Keterangan Catatan Kriminalitas (SKCK) dan surat keterangan dari Pengadilan Negeri.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, di kantornya, Kamis (19/7/2018). Tanpa menyebutkan jumlah, nama caleg  dan parpol, Kuswanto menegaskan banyak berkas bacaleg yang tidak lengkap.

Dia menyatakan hasil verifikasi akan diserahkan ke masing-masing parpol untuk diperbaiki. Menurutnya, tahapan perbaikan hanya sekali.

“Kami minta caleg dan pengurus parpol memperhatikan waktu. Jika kekurangan berkas tidak dilengkapi di tahapan perbaikan maka persyaratan caleg kurang. Tahapan perbaikan persyaratan pada 22-31 Juli,” jelasnya.

Kuswanto melanjutkan verifikasi berkas dilakukan selama tiga hari sejak 19 Juli hingga 21 Juli. Jumlah bacaleg dari 14 parpol  yang mendaftar ke KPU sebanyak 412 orang terdiri atas 243 laki-laki dan 169 perempuan.

“Verifikasi berkas caleg melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo serta Kementerian Agama Sukoharjo. PKS dan PDIP memang sudah komplet syarat ke KPU tetapi berkas para caleg masih diverifikasi kelengkapan dan keabsahannya,” jelasnya.



Tokopedia