Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat dan Dukung Asian Games di CFD Solo

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, (kanan) melepas peserta jalan sehat siswa SMP Pangudi Luhur Bintang Laut di CFD Jl. Slamet Riyadi, Minggu (22/7 - 2018). (Solopos/Muhammad Ismail)
22 Juli 2018 14:45 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Ribuan peserta mengkuti kegiatan senam dan jalan sehat di car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, Minggu (22/7/2018). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-60 SMP Pangudi Luhur Bintang Laut.

Ketua Panitia D. Arries Yani Herwasto, mengungkapkan sebanyak 2.200 peserta ambil bagian dalam kegiatan senam dan jalan sehat di Jl. Slamet Riyadi, Keprabon, Banjarsari. SMP Bintang Laut dalam kegiatan ini juga membentangkan spanduk berisikan dukungan pelaksanaan Asian Games 2018.

“Sebanyak 2.200 peserta ini berasal dari siswa, guru, orang tua siswa, dan alumni. Kegiatan senam dan jalan sehat ini kali pertama digelar sekolah,” ujar Arries saat ditemui Solopos.com di kawasan CFD Jl. Slamet Riyadi, Minggu.

Arries menjelaskan sebelum jalan sehat dimulai ribuan peserta mengikuti senam bersama. Setelah senam selesai, siswa menyanyikan mars SMP Bintang Laut dan mars Pendidikan Pembentukan Karakter (PPK) dengan pandu langsung Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.

“Jalan sehat menempuh jarak sekitar 5 km mulai kawasan SMP Bintang Laut, Gladak ke utara menuju ke BI [Bank Indonesia], Ngarsopuro dan ke sekolah SMP Bintang Laut. Kami bersama pengunjung CFD membentuk flashmob mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang,” kata dia.

SMP Bintang Laut, lanjut dia, juga menggelar kegiatan sosial berupa sumbang darah kepada masyarakat umum di kawasan CFD Solo diikuti ratusan orang. Selain itu, juga menggelar bazar yang rencananya akan dilaksanakan pekan depan.

“Puncak HUT ke-60 SMP Bintang Laut rencananya akan digelar pada tanggal 11 Agustus dengan kegiatan reuni akbar di Pura Mangkunegaran. Kami sudah menginformasikan kegiatan itu ke semua alumni,” kata dia.

Bidang Media SMP Bintang Laut, Fran, mengungkapkan kegiatan seperti ini sebagai bentuk kebersamaan antara siswa, alumni, dan guru. Ia berharap peringatan HUT SMP Bintang Laut tahun depan lebih meriah dengan melibatkan jumah peserta lebih banyak.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengapresiasi kegiatan sosial serta jalan sehat dalam menyambut HUT ke-60 SMP Bintang Laut. Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo mengajak semua siswa agar menjiwai isi dari mars PKK karena itu akan menjadikan siswa memiliki jiwa karakter nasionalisme.

“Kami berharap SMP Bintang Laut mampu mencetak generasi muda berkarakter yang mampu memajukan bangsa Indonesia,” kata dia.