SMPN 3 Solo Dipindah ke Lapangan Tenis DPRD

Bagian gedung SMPN 3 Solo yang terbakar pada Senin (18/6 - 2018). (Solopos/Muhammad Ismail)
27 Juli 2018 17:15 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemkot Solo memilih lahan lapangan tenis DPRD Solo, Karangasem, Laweyan, untuk lokasi baru SMPN 3 Solo. Pemindahan SMPN 3 Solo saat ini sudah dimulai dengan pembuatan detail engineering design (DED) menggunakan dana APBD 2017.

“Kami sudah melakukan kajian mendalam dengan melibatkan pihak terkait soal rencana pemindahan SMPN 3 Solo dari Timuran, Banjarsari, ke Karangasem, Laweyan,” ujar Wali Kota Solo. F.X. Hadi Rudyatmo saat ditemui Solopos.com di Balai Kota Solo, Jumat (27/7/2018).

Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo, mengungkapkan Pemkot serius dengan rencana memindahkan SMPN 3 Solo ke Karangasem. Lahan lapangan tenis DPRD Solo berstatus aset milik Pemkot disiapkan untuk dibangun SMPN 3 Solo baru menggantikan bagunan lama di Banjarsari.

“Pembangunan fisik SMPN 3  di Karangasem dilakukan bertahap selama dua tahun. DED sudah dikerjakan tahun ini dengan anggaran APBD 2017. Kami pastikan pembangunan fisik sudah bisa dikerjakan awal tahun depan,” kata dia.

Dalam pembahasan APBD 2019, Pemkot mengusulkan pembangunan fisik SMPN 3 Solo. Nilai anggaran masih dalam pembahasan antara Dinas Pendidikan (Disdik) dan Komisi IV DPRD Solo. Sementara sesuai rencana siswa baru mulai menempati SMPN 3 di Karangasem awal 2020.

“Saya berharap anggaran pembangunan fisik SMPN 3 Solo di Karangasem segera digedok DPRD Solo. Kasihan anak-anak di Karangasem pada PPDB [Penerimaan Peserta Didik Baru] online zonasi kemarin tidak banyak pilihan sekolah,” kata dia.

Ia menjelaskan lahan bekas SMPN 3 Solo di Timuran, Banjarsari, nantinya bisa untuk memecah SDN di Banjarsari yang lokasinya berjubel atau saling berdekatan. Pemkot Solo dalam memindahkan sekolah bertujuan lebih mendekatkan kepada masyarkat.

“Pembangunan sekolah dengan rayonisasi banyak ditentang. Sekarang dengan zonasi banyak didukung orang tua siswa. Banyaknya SMPN yang lokasinya di tengah kota justru banyak kekurangan siswa. Kami berharap pemindahan SMPN 3 Solo  selesai sesuai target,” kata dia.

Kepala Disdik Solo, Etty Retnowati, mengungkapkan Disdik bersama SMPN 3 Solo sudah melakukan sosialisasi kepada siswa serta orang tua terkait pemindahan SMPN 3 Solo di Karangasem. Selama sosialisasi sampai sekarang tidak tidak ada penolakan.

“Kami memindah SMPN 3 Solo ke Karangasem berdasarkan hasil kajian. Tidak menutup kemungkinan ada sekolah lain yang akan dipindahkan di wilayah Solo selatan. Namun, kapan realisasinya masih menunggu hasil kajian,” kata dia.