Hampir 100% Warga Terdaftar BPJS, Solo Raih UHC

BPJS kesehatan. (Antara)
27 Juli 2018 18:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Solo mencatat 95,54% atau 537.726 warga Kota Bengawan per Juli 2018 ini telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Berkat capaian tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berhak menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta dari BPJS Kesehatan pusat. Piala dan piagam penghargaan tersebut diterima Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih di Pendapa Ageng Balai Kota Solo, Jumat (27/7/2018) pagi.

Piala dan piagam penghargaan diserahkan Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, saat Peluncuran Solo UHC 2018. Andayani mengatakan Solo menjadi kota atau daerah ketiga di Jawa Tengah (Jateng) atau ke-124 di Tanah Air yang meraih target UHC.

Meski demikian, dia tetap mengapresiasi capaian tersebut. Andayani menyampaikan warga Solo patut berbangga hati karena Pemkot Solo telah berkomitmen mendaftarkan semua warganya menjadi peserta program JKN-KIS.

Dia berharap capaian Kota Solo ini bisa dicontoh atau menjadi penyemangat bagi kota atau daerah lain untuk meraih penghargaan yang sama. Pemerintah daerah diminta mendukung target BPJS Kesehatan pada 2019 seluruh masyarakat Indonesia mesti terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Kami punya target 2019 semua masyarakat terkaver jaminan kesehatan nasional. Oleh karena itu kami menyampaikan penghargaan tinggi dan ucapan terima kasih kepada Pemkot Solo yang telah berupaya mendaftarkan seluruh penduduknya sebagai peserta program JKN,” kata Andayani saat memberikan sambutan, Jumat.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan peluncuran UHC bertujuan memastikan semua orang mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan tanpa harus mengalami kesulitan pembayaran. Dia menyebut Pemkot telah melakukan upaya dan strategi mewujudkan UHC dalam memberikan jaminan kesehatan kepada warganya.