Api Mengamuk di 4 Lokasi Karanganyar dalam Sehari

Ilustrasi pemadaman kebakaran. (Solopos/Nicolous Irawan )
27 Juli 2018 15:15 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kebakaran terjadi di sejumlah wilayah di Karanganyar pada Kamis (26/7/2018) sore hingga malam. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, salah satu kebakaran terjadi di penggergajian kayu Kondang Murah di Dusun Ngarjosari RT 003/RW 002, Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar, pukul 20.00 WIB. Api berhasil dipadamkan 40 menit kemudian.

Tokopedia

Usaha penggergajian kayu itu milik warga Dusun Kadipiro Asri, RT 002/RW 001, Kelurahan Bejen, Kecamatan Karanganyar, Suparno, 70. Suparno menutup tempat usahanya pukul 16.00 WIB pada hari kejadian.

Dia meninggalkan tempat usahanya itu dalam keadaan terkunci dan tidak ada penjaga. Tak lama kemudian, salah seorang warga menghubungi kerabat Suparno, Rohmat Saleh, 38, untuk memberi tahu ada kebakaran.

Rohmat tinggal tidak jauh dari tempat penggergajian kayu itu. Dia datang ke lokasi kejadian untuk memastikan kabar itu. Dia melihat kobaran api berada di mesin pemotong kayu. Rohmat kemudian menelepon Polsek Karanganyar dan pemadam kebakaran.

"Dugaan sementara kebakaran karena kondisi knalpot mesin penggerak atau pemotong kayu terlalu panas sehingga menyebabkan kebakaran. Akibat kejadian itu, tempat berukuran 13 meter x 25 meter, mesin penggerak gergaji, tumpukan kayu bahan reng, dan lain-lain ludes. Kerugian ditaksir Rp200 juta," kata Kapolsek Karanganyar, AKP Ridhwan, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto.

Kejadian serupa terjadi di Perumahan Ngijo Sejahtera Blok C25, Dusun Ngijo Kulon, Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, pukul 16.00 WIB. Api membakar semak belukar di lokasi itu.

Akibat kejadian itu, bagian belakang mobil Kijang berpelat nomor AD 8652 DG terbakar. Mobil terparkir tidak jauh dari lokasi kejadian. Kebakaran diduga dipicu pembakaran semak belukar.

Selain itu, api juga membakar rumpun bambu di belakang kompleks Perumahan Kahuripan, Papahan, Tasikmadu, sekitar pukul 17.15 WIB. Tidak ada kerugian akibat kejadian itu. Api juga membakar semak di salah satu lahan di sekitar jalan tol pukul 17.30 WIB.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (27/7/2018), menyampaikan seluruh anggota BPBD Karanganyar siaga bencana kebakaran selama musim kemarau.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, mengingatkan warga supaya lebih hati-hati terhadap bencana kebakaran selama musim kemarau.

"Kondisi kering, panas. Semua bermula dari kebiasaan membakar sampah tetapi enggak ditunggui. Kami minta kesadaran masyarakat ikut menjaga situasi dan kondisi di Karanganyar," ujar dia.