Solo Wajibkan Sekolah sampai Restoran Nyanyikan Lagu Nasional

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), menyanyikan lagu nasional saat pencanangan Bulan Lagu Nasional dan Daerah 2018 di Balai Kota Solo, Senin (30/7 - 2018). (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
31 Juli 2018 14:18 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO  – Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mencanangkan gerakan Bulan Lagu Nasional dan Daerah Tahun 2018 dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) di Halaman Balai Kota Solo, Senin (30/7/2018). Pemkot meminta seluruh masyarakat Solo yang tergabung di lembaga sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintah, perusahaan swasta, TNI, Polri, hotel, hingga restoran menyanyikan serta mendengarkan lagu  nasional dan lagu daerah selama Agustus 2018.

 

Tokopedia

Jika memungkinkan, masyarakat diminta mengadakan lomba menyanyi lagu nasional dan daerah. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri, mengatakan pencanangan Bulan Lagu Nasional dan Daerah tahun ini merupakan yang kali kedua setelah program pertama pada 2017. Tahun lalu Bulan Lagu Nasional dan Daerah berlaku hanya sepekan.

 

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan pendiri bangsa kepada para pemuda pada khususnya dan masyarakat Kota Solo pada umumnya melalui lagu nasional dan daerah yang dinyanyikan,” kata Joni saat memberikan laporan pelaksanaan kegiatan Bulan Lagu Nasional dan Daerah kepada wartawan, Senin.

 

Joni berharap masyarakat Solo antusias menyambut pencanangan Bulan Lagu Nasional dan Daerah dalam rangka perayaan HUT ke-73 Indonesia. Kegiatan tersebut akan berhasil dengan baik apabila ada partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Dispora membebaskan masyarakat menyanyikan, memperdengarkan, dan atau mengadakan lomba menyanyi lagu nasional dan daerah dengan judul apa pun.

 

Simbolis pencanangan Wali Kota memukul alat musik timpani. Setelah itu, Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Solo, Sekda Kota Solo, dan Kepala Dispora menyanyikan lagu Sigulempong dari Sumatra Utara. Penampilan mereka diiringi musik yang dimainkan Bengawan Solo Orkestra dan backsound 100 pelajar anggota paduan suara pramuka Kota Solo.

 

Rudy, sapaan akrab Wali Kota, menyampaikan memperingati HUT Indonesia adalah upaya untuk meneruskan nilai-nilai perjuangan pendiri bangsa kepada generasi setelahnya. Di mana, nilai-ilai perjuangan tersebut diharapkan bisa diwarisi dan diteladani generasi muda.