Material SIM Habis, Polres Karanganyar Terbitkan Ribuan Surat Keterangan

Anggota TNI mengikuti ujian SIM di halaman Kantor Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) Polres Karanganyar, beberapa waktu lalu. (Ponco Suseno)
31 Juli 2018 20:38 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Satlantas Polres Karanganyar kehabisan material Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam lima bulan terakhir. Guna mengatasi hal tersebut, Satlantas Polres Karanganyar telah menerbitkan ribuan surat keterangan sementara sebagai pengganti SIM.

Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah, mewakili Kapolres AKBP Henik Maryanto, saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (31/7/2018). Habisnya material SIM tersebut sudah disosialisasikan ke warga di Bumi Intanpari.

Tokopedia

“Material SIM habis itu terjadi di semua daerah. Di Satlantas Polres Karanganyar juga sudah mengeluarkan surat keterangan bagi pencari SIM atau pun yang memperpanjang SIM. Dalam dua bulan terakhir ini saja, kami sudah mengeluarkan 5.000-an surat keterangan pengganti SIM,” kata dia.

AKP Ahdi Rizaliansyah mengatakan surat keterangan yang dikeluarkan Satlantas Polres berfungsi selayaknya SIM. Setiap pencari SIM atau yang memperpanjang SIM tak perlu mengkhawatirkan keberadaan surat keterangan.

“Surat keterangan itu ada barcode-nya juga. Surat itu berfungsi selama tiga bulan. Pembawa surat keterangan ini harus hati-hati karena takutnya kena air hujan atau sejenisnya [mudah rusak]. Di Karanganyar ini, paling banyak pemohon SIM, yakni permohonan perpanjangan SIM C [kendaraan roda dua],” tutur Ahdi.

Disinggung tentang kapan material SIM di Satlantas Polres Karanganyar tersedia kembali, Ahdi memperkirakan Agustus ini sudah ada. Di samping kehabisan material SIM, Polres Karanganyar juga sempat kehabisan material Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Kalau STNK mulai dua pekan ini. Selama ini, kami menyetempel STNK lama guna mengatasi hal itu. STNK yang kami beri stempel sudah berkisar 800 surat,” katanya.