Solopos Hari Ini: Jokowi Bentuk Timses, Prabowo Kaji Cawapres

Harian Umum Solopos edisi Rabu (1/8 - 2018).
01 Agustus 2018 10:20 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Dua kubu yang diprediksi akan berkompetisi dalam Pilpres 2019 kian mematangkan strategi menghadapi kompetisi elektoral. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan sembilan sekretaris jenderal (sekjen) partai politik (parpol) pendukung di Kafe Grand Garden, kompleks Kebun Raya Bogor, Selasa (31/7/2018) malam.

Sedangkan Ketua Umum Partai Gerindra menggelar pertemuan dengan elite PKS dan PAN di rumah pengusaha Maher Algadri di kawasan Prapanca, Kemang, Jakarta Selatan.

Kabar dinamika politik menjelang Pilpres 2019 itu menjadi headline pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (1/8/2018). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Masih ada banyak kabar menarik yang menjadi berita utama pada Harian Umum Solopos. Ulasan tentang gaji guru sekolah swasta di Klaten yang tergolong kecil juga menjadi salah satu berita utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Hanya 14 Siswa, Gaji Guru Rp100.000

Kondisi sekolah swasta di berbagai daerah dalam kondisi memprihatinkan baik dari kondisi bangunan hingga kesejahteraan guru. Jam dinding menunjukkan pukul 05.50 WIB ketika Solopos memasuki ruang Kelas XI SMA Muhammadiyah 8 Bayat, Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten, Selasa (31/7/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Tak ada satupun siswa di ruang kelas. Terdapat lima meja beserta kursi dan bangku yang ditata di tengah ruangan berhadapan dengan satu meja di depan papan tulis. Tumpukan kursi dan meja memenuhi pojok ruangan.

Simak kisahnya secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, proyek pembangunan tugu perbatasan Solo-Sukoharjo yang menelan dana Rp2.4 miliar menjadi sorotan utama. Selain itu, ada kabar tentang pameran karya mahasiswa di ISI Solo yang menjadi berita utama pada halaman Soloraya di Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Rp2,4 M untuk Tugu Batas Kota

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Solo mulai mengerjakan pembangunan tugu batas kota di Serengan, Solo-Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Senin (30/7/2018). Pembangunan tugu dimulai dari sisi kiri jalan wilayah Danukusuman, Serengan.

"Pembangunan tugu batas kota Serengan-Solo Baru sudah direncanakan sejak awal tahun ini dengan merelokasi bangunan rumah milik warga di lokasi. Kami melelang proyek ini ke LPSE [Layanan Pengadaan Secara Elektronik] Pemkot Solo," ujar Kepala DPU PR Endah Sitaresmi Suryandari saat dihubungi Solopos, Selasa (31/7/2018).

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Eksplorasi Cara Kreatif Berpromosi Wisata

Dua buah buku bergambar ukuran besar diletakkan di atas sebuah meja. Di samping setiap buku terdapat kotak persegi panjang berwarna coklat. Saat Solopos membuka salah satu buku dari dalam buku timbul gambar yang disertai tulisan teks lagu dalam bahasa Jawa berjudul Lir Ilir.

Kemudian ketika tombol yang ada di kotak persegi panjang di samping buku ditekan terdengar tembang Lir-Ilir dengan iringan gamelan. Dua buku tersebut berisi 12 lagu dolanan seperti Gundul-Gundul Pacul, Jamuran, Padang Bulan, dan Suwe Ora Jamu.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.