Pasar Legi Solo Berpesta Sambut Cucu Ke-2 Presiden Jokowi

Suasana bancakan menyambut kelahiran cucu kedua Presiden di Pasar Legi Solo, Rabu (1/8 - 2018). (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
01 Agustus 2018 16:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Puluhan pedagang Pasar Legi Solo berkumpul di pintu utara pasar tersebut, Rabu (1/8/2018) siang. Mereka mengerubungi tampah berisi nasi putih yang telah dilengkapi sayur-mayur, lauk telur rebus, dan buah pisang.

Di belakang tumpukan makanan tersebut, ada papan tulis kecil bertuliskan "Mangayubagyo Cucu Kedua Presiden Jokowi 1-1-18". Para pedagang dan buruh gendong Pasar Legi berkumpul untuk mengikuti acara bancakan menyambut kelahiran putri pertama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Tokopedia

Setelah sesi doa bersama, para pedagang dan buruh gendong di Pasar Legi mulai berebut mengambil hidangan. Tanpa basa basi, mereka lantas memakan nasi campur gudangan tersebut. Beberapa dari pedagang tampak saling berbagi saat menikmati hidangan bancakan yang diambil menggunakan takir kertas.

Tidak semua pedagang kebagian porsi nasi bancakan. Lurah Pasar Legi, Marsono, menyebut sedikitnya ada 150 porsi takir nasi yang disediakan dan dibagikan juga kepada para pedagang.

"Bancakan ini kan merupakan tradisi Jawa sebagai bentuk syukur kalau ada orang lahiran. Artinya, pengelola dan para pedagang Pasar Legi ikut antusias menyambut kelahiran cucu kedua Presiden Jokowi. Ya kami menggelar kegiatan ini untuk syukuran saja proses kelahiran putri Mbak Kahiyang berjalan lancar," kata Marsono saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara bancakan, Rabu.

Marsono pun berdoa untuk kebaikan keluarga Presiden Jokowi terutama Kahiyang Ayu dan putrinya. Dia berdoa semoga Putri Presiden asal Solo tersebut segera pulih setelah melahirkan. Sementara putri Kahiyang didoakan sehat selalu.

Tidak ketinggalan, Marsono mewaliki warga Pasar Legi dan warga Solo menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi atas kelahiran cucu keduanya di Jakarta.

Seorang pedagang Pasar Legi, Painem, 46, menyambut antusias kelahiran cucu kedua Presiden Jokowi. Dia berdoa semoga putri Kahiyang tersebut menjadi anak yang salehah.

Painem juga berharap cucu kedua Jokowi mempunyai sifat yang sama seperti kakeknya, yakni jujur, sederhana, dan merakyat. Painem berdoa cucu Presiden Jokowi tetap bisa menjadi orang hebat atau orang besar di Tanah Air.

"Semoga seperti Pak Jokowi yang bersifat baik. Semoga juga menjadi anak yang salehah, senantiasa sehat, dan selalu dilimpahkan rezeki yang berkah," doa Painem sambil memakan bancakan.

Pedagang Pasar Legi lainnya, Bandiah, 58, juga berdoa untuk kebaikan cucu kedua Presiden Jokowi. Dia mendoakan putri Kahiyang tersebut bisa sehat dan bahagia selalu. Selain itu, Bandiah berharap cucu kedua Presiden bisa menjadi anak yang ramah atau rendah hati, sabar, dan jujur.

"Pokoknya harapan saya semoga cucu Presiden ini bisa mencontoh perilaku Pak Jokowi yang baik-baik. Kalau bisa seperti itu, pasti akan disukai banyak orang," ujar Bandiah.