Pindahkan Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban, Begini Persiapan MTA Solo

Sejumlah pekerja mengerjakan pembangunan septitank untuk membuang limbah penyembelihan hewan kurban di sekitar Kantor Majelis Tafsir Alquran (MTA) Perwakilan Sukoharjo di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Selasa (31/7 - 2018). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)
01 Agustus 2018 13:53 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SOLO -- Majelis Tafsir Alquran (MTA) Solo pada pelaksanaan Iduladha 2018 memindahkan pusat penyembelihan hewan kurban dari halaman SMA MTA Semanggi Solo ke kawasan MTA Perwakilan Sukoharjo, di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Tak tanggung-tanggung, MTA menyiapkan lahan seluas 2.200 meter persegi untuk lokasi terpadu penyembelihan hewan kurban.

“Tahun 2018 lokasi penyembelihan hewan kurban dipindah ke Makamhaji [MTA Perwakilan Sukoharjo]. Ada beberapa pertimbangan khusus pemindahan lokasi penyembelihan hewan kurban termasuk kenyamanan para siswa di sekolah,” kata seorang pengurus MTA Pusat, Solo, Muhammad Fathin Habibullah, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (31/7/2018).

Tokopedia

Jumlah hewan kurban yang disembelih sekitar 200 ekor sapi dan lebih dari 6.000 ekor kambing. Sebagian besar hewan kurban itu bakal disembelih di sekitar Kantor MTA Perwakilan Sukoharjo di Desa Makamhaji, Kartasura. Proses pemilihan hewan kurban sangat ketat untuk memastikan sapi dan kambing layak disembelih sesuai kaidah ajaran Islam. Tentu saja, pengurus MTA Pusat melibatkan Dinas Peternakan, Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo saat memilih hewan kurban.

Rencananya, ratusan ekor sapi dan ribuan ekor kambing tiba di lokasi penyembelihan pada sehari menjelang Iduladha. “Jadi semua proses penyembelihan hewan kurban terintegrasi di satu lokasi. Sekarang masih dalam tahap persiapan pembuatan lokasi penyembelihan hewan kurban terpadu. Mudah-mudahan lima hari sebelum Iduladha sudah rampung,” ujar dia.

Rencananya, ratusan ekor sapi dan ribuan ekor kambing tiba di lokasi penyembelihan pada sehari menjelang Iduladha. “Jadi semua proses penyembelihan hewan kurban terintegrasi di satu lokasi. Sekarang masih dalam tahap persiapan pembuatan lokasi penyembelihan hewan kurban terpadu. Mudah-mudahan lima hari sebelum Idul Adha sudah rampung,” ujar dia.