KONI Klaten Janjikan Bonus Rp25 Juta untuk Atlet Porprov

Ilustrasi Kejuaraan Atletik (Dok. Solopos)
01 Agustus 2018 15:01 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Para atlet pekan olahraga provinsi (Porprov) 2018 peraih medali dijanjikan bonus. Bagi peraih medali emas, bakal mendapat bonus senilai Rp25 juta. Sementara, peraih medali perak Rp15 juta, dan perunggu Rp10 juta.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Klaten, Otto Saksono, mengatakan bonus dimaksudkan untuk memotivasi atlet. “Dana bersumber dari APBD yang disalurkan melalui KONI,” kata Otto saat ditemui Solopos.com di Manisrenggo, Selasa (31/7/2018).

Tokopedia

Otto mengatakan ada sekitar 180 atlet porprov. Mereka terbagi dalam 25 cabang olahraga seperti sepak bola, panahan, atletik, basket, bulu tangkis, hingga balap motor. Saat ini, para atlet masih menjalani pemusatan pelatihan sebelum berlaga pada 19-25 Oktober mendatang.

Otto mengatakan panahan masih menjadi andalan perolehan emas untuk tim Klaten. Cabang olahraga itu ditargetkan bisa meraih 15 emas dari target keseluruhan 30 emas. “Kami targetkan Klaten tetap bisa masuk rangking 10 besar. Porprov sebelumnya Klaten rangking tujuh,” kata dia.

Otto mengatakan pada 2018 ini KONI mendapat guyuran Rp4,5 miliar dari APBD. Alokasi dana itu digunakan untuk persiapan dan pelaksanaan porprov.

Ketua Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Klaten, Harjanto, mengatakan atlet bulu tangkis yang disiapkan berlaga di Porprov 2018 sudah menjalani pelatihan. Latihan digelar saban Rabu di GOR IBC, Plasa Klaten.

Ada delapan atlet bulu tangkis yang disiapkan PBSI mengikuti Porprov 2018. PBSI ditargetkan bisa meraih satu emas dan satu perak. "Pengalaman porprov sebelumnya Klaten mendapatkan satu perak dari ganda campuran. Insya Allah untuk target porprov kali ini tidak berat," katanya.