Simak, Apa Saja Agenda HUT RI di Wonogiri, Salah Satunya Gowes Keliling WGM

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Solopos/Dok)
01 Agustus 2018 21:10 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri punya segudang agenda peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Indonesia, Agustus ini.

Sedikitnya ada 23 kegiatan yang disiapkan, tiga di antaranya kegiatan baru yang belum pernah digelar pada tahun-tahun sebelumnya.
Tiga kegiatan baru itu adalah pameran batik, festival sayur lombok antar organisasi perangkat daerah (OPD) dan masakan lokal tingkat kecamatan, serta Tour de Gajah Mungkur.

Tokopedia

Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Haryanto, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu (1/8/2018), mengatakan kegiatan peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun ini lebih variatif dari pada tahun sebelumnya.
Pameran batik akan digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Kamis (2/8/2018) ini.

Festival sayur lombok dan makanan lokal juga digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Selasa (7/8/2018) mendatang. Tim dari OPD harus memasak sayur lombok khas Wonogiri dalam waktu tertentu.

Sedangkan Tour de Gajah Mungkur digelar Sabtu (11/8/2018). Gowes sejauh 103 kilometer akan mengelilingi Waduk Gajah Mungkur.

Berikut rute gowes Tour de Gajah Mungkur :
Alun-Alun Giri Krida Bakti depan Setda-Wuryantoro-Eromoko (pos I) – Pracimantoro - Giritontro (pos II) - Giriwoyo - Baturetno (pos III) – Nguntoronadi - Ngadirojo (pos IV) - berakhir di alun-alun.

Peserta awal sebanyak 150-200 orang dari komunitas sepeda. Saat rombongan sampai di kecamatan-kecamatan, warga dapat mengikuti.

Selain kegiatan anyar itu, ini dia agenda rutin HUT RI di Wonogiri :

- Festival musik remaja di alun-alun, Sabtu (4/8/2018).

- Pemilihan Duta Wisata

- Festival karawitan pelajar di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Selasa-Rabu (7-8/8/2018)

- MTQ pelajar dan umum, Kamis (9/8/2018).

- Lomba voli putra antarkecamatan, dan festival reog antarkelompok lingkup se-kabupaten.

Setiap kecamatan juga diharuskan menggelar pawai budaya pada Minggu 19 Agustus. “Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan pengajian akbar di alun-alun, 31 Agustus,” kata Haryanto.