Via Vallen hingga Raisa Meriahkan Grand Final Putra Putri Solo 2018

Finalis Putra Putri Solo (PPS) 2018 mendengarkan penjelasan Ketua Panitia Pelaksana PPS 2018, R.Ay. Febri H. Dipokusumo, saat mengikuti Pembekalan Finalis PP 2018 d Joglo Loji Gandrung Solo, Rabu (25/7 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
02 Agustus 2018 09:10 WIB Ika Yuniati Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Grand final Putra Putri Solo (PPS) 2018 di halaman Balaikota, Sabtu (4/8/2018), dipastikan meriah. Betapa tidak, malam puncak pemilihan duta wisata Solo tersebut bakal dimeriahkan deretan penyanyi papan atas Ibu Kota. Sebut saja Tulus, Raisa, Andra & The Backbone, Kahitna, GAC, Via Vallen, Glenn Fredly, Ipang Lazuardi, Papua Original, dan Dwiki Dharmawan Project.

Para bintang tamu bakal pentas bersama dalam semarak Harmoni Pasar Klewer mulai Jumat (3/8/2018) sore. Acara yang didukung oleh Bank BRI dan Kementerian Pariwisata ini juga dimeriahkan pelukis mural The Popo yang bakal menggelar live mural, serta kehadiran art installation oleh Circle Project.

Tokopedia

“Kita semua berharap acara ini bisa saling memperkuat antara BRI dengan Putra Putri Solo,” kata Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan, saat jumpa pers, di Kompleks Balaikota, Rabu (1/8/2018) siang.

Kepala Cabang BRI Solo Bambang Purwanto yang juga hadir dalam jumpa pers mengatakan penyelenggaraan Harmoni Pasar Klewer berawal dari kerja samanya dengan musikus Dwiki Dharmawan. Beberapa tahun lalu Dwiki bersama musikus asal Inggris dan Italia menggarap lagu jaz bertajuk Harmoni Pasar Klewer. Pada 2017 karya kolaborasi tersebut dinobatkan sebagai jaz terbaik di Inggris.
BRI bersama Kementerian Pariwisata kemudian tertarik membawanya pada sebuah konser besar di Solo yang notabene lokasi berdirinya Pasar Klewer. Bambang mengatakan ini juga bagian dari cara mereka mengangkat pariwisata Indonesia, khususnya Kota Solo.

Bersamaan dengan acara tersebut BRI meluncurkan Kartu Brizzi khusus yang berisi karikatur PPS 2018. Mereka menyiapkan 10.000 kartu yang digunakan sebagai tiket masuk penonton. Teknisnya penonton membayar Rp30.000 untuk tiket menonton sehari, dan Rp50.000 untuk dua hari. Setiap transaksi bakal ditukar dengan Kartu Brizzi khusus bernama Harmoni Pasar Klewer. “Sebenarnya Harmoni Pasar Klewer ini sudah lama kami rencanakan. Kebetulan ada grand final PPS 2018 sehingga kami gelar bersamaan,” terangnya.

Kategori PPS 2018
Pembina Paguyuban Putra Putri Solo, R.Ay. Febri Hapsari Dipo Kusumo, menyambut baik kerja sama bareng BRI. Pemilihan PPS 2018, kata dia, telah sampai pada masa karantina.

Ada 20 finalis di antaranya 10 laki-laki dan 10 perempuan yang bakal berkompetisi di malam grand final. Mereka bakal dinilai oleh tim dewan juri yang terdiri dari Febri, BRM Bambang Irawan (akademisi dan budayawan), Irawati Kusumorasri (pegiat seni di Solo), Aldino Wisnu (Putra Solo 2007), dan Rory Asyari (Putra Solo 2006).

“Karena kami berkolaborasi dengan Harmoni Pasar Klewer maka kami sesuaikan dengan kondisi. Malam apresiasi seni sudah diselenggarakan pekan kemarin. Saat final nanti tinggal 50% penilaian,” kata Febri.

Lebih lanjut Febri mengatakan tahun ini ada penambahan kategori penghargaan PPS. Total sebanyak 12 predikat dari sebelumnya hanya sembilan. Yaitu juara 1,2,3, persahabatan, favorit, dan kategori lingkungan masing-masing dipilih satu putra dan putri.

“Jadi tahun ini kami memilih Putra dan Putri Solo Lingkungan. Penilaian ini dilihat dari keseharian masing-masing. Bagaimana komitmen mereka menjaga lingkungan hidup,” terang Febri.