Hore! Ada Jogging Track di Bantaran Kali Anyar Solo

Jogging track dibangun BBWSBS di bantaran Kali Anyar wilayah Nusukan, Banjarsari, Solo. (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
03 Agustus 2018 19:05 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Bantaran Kali Anyar Solo bakal dilengkapi dengan jogging track atau trek lari sepanjang 1,1 kilometer (km). Pembangunan jogging track masuk dalam paket pekerjaan proyek Penanganan Banjir Kota Solo paket 3 (Kali Pepe Hulu).

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengawali pembangunan jogging track di bantaran Kali Anyar wilayah Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Solo, tepatnya di selatan Bangunan Cagar Budaya (BCB) Makam Putri Cempo.

Tokopedia

Berdasarkan pantauan solopos.com, Jumat (3/8/2018) pagi, BBWSBS menggunakan batu alam untuk membangun lantai jogging track di bantaran Kali Anyar wilayah Nusukan. Sementara lokasi jogging track dibuat mepet dengan bibir Kali Pepe Hulu.

Saat dimintai informasi, Konsultan Supervisi Proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3, Mohammad Abdullah, mengatakan jogging track bakal dibangun di dua sisi bantaran Kali Anyar sekaligus.

Dia memerinci rencana pembangunan jogging track di bantaran Kali Pepe hulu tersebut, yakni 660 meter (m) dibuat di wilayah Nusukan dan 440 m dibuat di wilayah Kelurahan Manahan.

Doel, sapaan akrab Abdullah, mengatakan panjang jogging track yang dibangun BBWSBS disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

"Lanjutan pembangunan jogging track sampai hulu diharapkan pemkot yang menangani," kata Doel, Jumat.

Doel menyebut jogging track di bantaran Kali Pepe Hulu bakal dibuat dengan perpaduan material batu candi dan batu koral sikat. Material batu alam dipilih karena dianggap tidak licin ketika dimanfaatkan untuk olahraga lari.

Jogging track di bantaran Kali Pepe Hulu bakal dibangun dengan lebar 3,5 m. Selain jogging track, BBWSBS juga akan menyediakan area pertunjukan di bantaran Kali.

"Materialnya pakai batu sikat. Akan kami bikin area pertunjukan di wilayah bantaran dengan motif Peta Indonesia. Tidak menutup kemungkinan kami kasih juga tulisan nama-nama tokoh wayang pada lantai untuk mengedukasi anak-anak jaman now. Sementara area pertunjukan baru akan kami disediakan di bantaran wilayah Manahan saja," jelas Doel.

Doel menjelaskan tujuan BBWSBS turut menata kawasan sekitar sungai saat pengerjaan proyek Penanganan Banjir Kota Solo yakni tidak lain untuk semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga sungai.

Diwawancarai terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam pengadaan proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3, Arlendovega Satria N., menyebut BBWSBS bakal melengkapi bantaran Kali Pepe hulu dengan fasilitas dermaga di sekitar Bendung Tirtonadi.

Penyediaan dermaga tidak menutup kemungkinan bisa digunakan juga untuk menunjang pengembangan wisata air di Kota Bengawan. Fasilitas dermaga bisa dimanfaatkan sebagai tempat tambatan kapal untuk wisatawan.