Tari Prawira Tamtama Buka Grand Final Putra Putri Solo 2018 Malam Ini

Finalis Putra Putri Solo (PPS) 2018 merias wajah saat mengikuti beauty class di Hotel Ibis, Solo, Kamis (26/7 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
04 Agustus 2018 08:30 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Finalis Putra Putri Solo (PPS) 2018 siap all out dalam malam puncak grand final PPS yang akan digelar di halaman Balai Kota pada Sabtu (4/8/2018) malam.

Tari Prawira Tamtama akan ditampilkan para finalis dalam gelaran pemilihan duta wisata Kota Bengawan tersebut. Gelaran ini sekaligus dikemas dalam Harmoni Pasar Klewer yang digelar Pemkot bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) selama Jumat-Sabtu (3-4/8/2018).

Tokopedia

Sejumlah artis ibukota, seperti Dwiki Dharmawan, Papua Original, Ipang Lazuardi, dan Glenn Fredly memeriahkan acara ini yang sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi Putra Putri Solo 2018.

Seperti halnya yang dilakukan finalis Putra Putri Solo di hari terakhir sebelum menuju malam puncak pemilihan PPS. Mereka berlatih tari Prawira Tamtama di Sasana Mulya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat (3/8/2018).

Dengan luwes 20 finalis PPS mengikuti latihan tari yang menggambarkan tentang keprajuritan. Finalis PPS terlihat serius menghafalkan gerakan tari yang digunakan untuk pembukaan acara grand final malam ini.

“Tiap hari latihan menari. Kami siap tampil all out besok malam,” kata salah satu finalis PPS 2018, Jessica Primanita Ramadhani, kepada Solopos.com, Jumat.

Dia masih semangat di tengah pembekalan dan jadwal latihan yang tinggi. Porsi latihan yang tinggi dialami para finalis PPS sejak dimulainya masa karantina.

"Jaga kondisi kesehatan jangan sampai dihari H malah jadi sakit," ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana PPS 2018 RAy. Febri H. Dipokusumo mengatakan para finalis dituntut mampu menari Jawa sebagai salah satu penguasaan terhadap kebudayaan Jawa. Budaya Jawa juga menjadi salah satu materi yang telah diberikan kepada para finalis selama masa orientasi. Harapannya finalis memahami budaya Jawa dan perkembangannya. Apalagi Kota Solo memiliki nilai sejarah yang panjang.

Lebih lanjut Gusti Febri mengatakan penampilan PPS di malam puncak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab gelaran puncak grand final pemilihan PPS 2018 akan dilaksanakan spektakuler dengan diramaikan penampilan artis Ibu Kota di malam penganugerahan duta Kota Bengawan tersebut.

“Meski digelar spektakuler, namun nuansanya tanpa meninggalkan esensi malam grand final PPS. Yakni pemilihan tetap dilakukan dengan menggunakan sistem penjurian,” katanya.