Abdul Azis & Dinda Nur Safira Jadi Putra Putri Solo 2018

Final pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2018 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/8 - 2018) malam. (Solopos / Ferri Setiawan)
04 Agustus 2018 23:40 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Fathullah Abdul Aziz dan Dinda Nur Safira dikukuhkan sebagai Putra Solo dan Putri Solo dalam Grand Final Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2018 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/8/2018) malam. Penyerahan selempang dan trofi kepada Juara 1 PPS 2018 dilakukan oleh Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo.

"Saya mengucapkan selamat kepada Aziz dan Dinda yang keluar sebagai pemenang putra dan putri Solo tahun ini," ujar Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo kepada wartawan. Sabtu malam.

Tokopedia

Rudy mengungkapkan Grand Final PPS 2018 ini sangat istimewa karena mendapatkan dukungan penuh dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Jumlah peserta PPS tahun ini meningkat drastis dibandingkan tahun lalu. Hal ini membuktikan minat generasi muda menjadi peserta PPS sangat tinggi.

"Kami akan terus meningkatkan kualitas acara PPS setiap tahunnya agar menghasilkan finalis berkualitas yang mampu mempromosikan Solo," kata dia.

Politikus PDIP ini menjelaskan PPS tahun ini mengangkat tema Benang Merah Nusantara. Implementasi tema itu ditunjukkan dengan penampilan busana nusantara dari Sabang sampai Merauke di panggung. Hal tersebut memiliki makna bahwa Indonesia terdiri atas banyak suku dan budaya berbeda-beda, tetapi tetap satu.

"Maraknya isu perpecahan jangan dibiarkan. Kami akan terus menyuarakan persatuan bangsa dalam setiap kegiatan yang digelar Pemkot Solo," kata dia.

Ketua Panitia Pelaksana PPS 2018, RAy. Febri H. Dipokusumo, mengungkapkan proses penilaian PPS 2018 sebanyak 60 persen dinilai saat 20 peserta dalam masa karantina selama 11 hari. Sisanya, 40 persen penilaian dilakukan saat peserta berada di panggung final.

"Kami memberikan waktu sesi tanya jawab kepada semua pasangan Putra dan Putri Solo. Waktu yang diberikan kepada setiap peserta sebanyak 30 detik untuk menjawab pertanyaan. Tim juri melakukan penilaian dan hasilnya Azis dan Dinda menjadi pemenang putra dan putri Solo 2018," kata Febri.

Pemenang kedua, Susilo Nugroho dan Jessica Ramadhani. Kemudian Sofian Arfi dan Dian Cristin sebagai Putra Putri Solo III. Selain itu, juga dinobatkan putra putri persahabatan yang diberikan kepada Nirrzam Ardi Achmadi dan Sulistyaningrum. Angga Baskoro dan Laurinsia Swandito keluar sebagai putra putri Solo favorit.

"Kami juga menobatkan Ramadani dan Dewi Sekarsari sebagai putra dan putri lingkungan," kata dia.

Ia menjelaskan final PPS tahun ini terasa spesial karena dihadiri Putri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir. Selain itu juga dihadiri Dimas Diajeng Yogyakarta, putra dan putri dari Surabaya dan Jateng. "Kami menutup acara dengan meresmikan tema PPS 2019 yakni The Spirit of Indonesia," kata dia.