Lagi, Jemaah Haji Embarkasi Solo Meninggal di Mekah

Petugas menyita barang bawaan calon jemaah haji (Istimewa/Kemenag.go.id)
05 Agustus 2018 23:17 WIB Ivan Andimuhtarom Solo Share :

Solopos.com, BOYOLALI – Seorang jemaah calon haji (calhaj) Embarkasi Solo meninggal dunia di Mekah, Sabtu (4/8/2018) waktu setempat. Jemaah tersebut berasal dari Kabupaten Batang atas nama Busari Kasihan Nasib, 63.

Kasubbag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)Embarkasi Solo, Afief Mundzir, menjelaskan lelaki yang tergabung dalam kloter 4 tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi karena penyakit kardiovaskuler. Jemaah tersebut kemudian dimakamkan di Permakaman Shara'e, Mekah.


Dengan demikian hingga Minggu (5/8/2018), tercatat 10 jemaah yang meninggal dunia. Di sisi lain, sebanyak 22.428 jemaah calon haji sudah diberangkatkan dari Embarkasi Solo. Jumlah itu terhitung hingga kloter 64. Ia mengatakan kloter 64 berasal dari Kabupaten Rembang dan Kabupaten Jepara. Menurutnya, jika ditambah para petugas haji yang mendampingi para jemaah, totalnya terdapat 22.933 orang yang sudah diberangkatkan
ke Arab Saudi. "Petugas haji hingga kloter 64 berjumlah 505 orang," ujarnya kepada solopos.com, Minggu (5/8/2018).

Selain itu, terdapat empat jemaah yang terpaksa ditunda keberangkatannya karena sakit. Satu orang, yaitu Lasimin Sariban Kaliman, jemaah asal Kabupaten Rembang, masih dirawat di RS TNI AU karena didiagnosa anemia.

Tiga orang lainnya dirujuk ke RSUD Dr. Moewardi Solo. Mereka adalah jemaah asal Boyolali Mulyoto Cokro Pawiro, jemaah asal Kabupaten Pati Isrofah Sunhadi, dan jemaah asal Kabupaten Jepara Lilis Hernasari Harley. "Mereka akan diberangkatkan jika sudah ada rekomendasi tim medis," tutur Afief.