Sehari, Harga Daging Ayam di Solo Bisa Turun Rp1.000/Kg

Pedagang daging ayam di pasar tradisional Solo. (dok)
06 Agustus 2018 16:05 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Solo berangsur turun sejak akhir pekan lalu. Jika sebelumnya harga harga mencapai Rp40.000/kilogram (kg), pada Senin (6/8), harga sekitar Rp35.000-Rp37.000/kg.

Sementara Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Solo berharap harga komoditas tersebut turun hingga sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Tokopedia

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Legi, Tri Handayani, mengatakan sejak Kamis (2/8/2018), harga daging ayam potong mulai turun. "Turun secara bertahap, sehari bisa turun sampai Rp1.000/kg. Saat ini sudah Rp37.000/kg," kata dia saat ditemui Solopos.com, Senin. Dia mengatakan sebelumnya harga daging ayam potong mencapai Rp40.000/kg bahkan Rp42.000/kg.

Penurunan harga juga disampaikan oleh pedagang daging ayam di Pasar Gede, Tatik. Dia mengatakan harga daging ayam potong yang dia jual sudah turun sejak tiga hari terakhir.
"Saat ini Rp35.000/kg. Sebelumnya Rp40.000/kg. Turunnya harga terjadi secara bertahap," kata dia. Penurunan harga tersebut diharapkan bisa membantu pedagang untuk meningkatkan jumlah penjualan mereka.

Dia mengatakan harga yang lebih terjangkau memungkinkan adanya penambahan permintaan khususnya untuk pembelian eceran. Meski menurun, menurutnya harga tersebut belum mencapai harga normal.
"Harga normal antara Rp30.000-Rp32.000/kg. Semoga saja ini terus turun hingga harga normal," kata dia.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, yang juga Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto, mengatakan akan terus memantau perkembangan harga daging ayam potong. Tingginya harga daging ayam potong tersebut berpotensi menyumbang inflasi daerah.

"Akan terus kami monitor [perkembangan informasi harga daging ayam]," kata dia kepada Solopos.com, Senin.

Dia berharap dalam waktu dekat ini harga daging ayam sudah turun ke harga normal atau sesuai HET. Sebab berdasarkan informasi yang dia dapatkan tidak ada persoalan terkait pasokan barang.
Bandoe mengatakan pada Selasa (31/7/2018) pihaknya telah menggelar pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha daging ayam, mulai dari peternak, distributor hingga pedagang.

Hasilnya para pelaku usaha tersebut bersedia menurunkan harga daging ayam di pasaran. "Jika tidak turun, mereka juga siap mendukung operasi pasar [OP] daging dengan harga Rp32.000/kg," kata dia.